4 Jenis Cemilan Sehat untuk Penderita Hipertensi

Oleh: Febriansyah - 28 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cemilan sehat untuk penderita hipertensi adalah buah, sayur hingga susu rendah lemak.
tirto.id - Tekanan darah tinggi atau hipertensi, biasanya terkait dengan asupan natrium tinggi dan kelebihan berat badan. Hipertensi juga kadang tak terdeteksi selama bertahun-tahun.

Salah satu penyebab hipertensi adalah gaya hidup yang tak sehat. Mengonsumsi banyak makanan olahan dalam kemasan untuk cemilan juga menjadi salah satu penyebabnya.

Lalu apa bentuk cemilan sehat untuk mereka yang menderita hipertensi? Livestrong menjabarkan beberapa makanan sehat yang bisa digunakan untuk cemilan, yaitu:

1. Sayuran

Simpanlah beberapa kantong sayuran di lemari es sebagai camilan. Sajikan sepiring sayuran favorit Anda dengan saus rendah sodium dan rendah lemak. Mengonsumsi sayuran segar sebagai bagian dari rencana makanan ringan harian Anda bukan hanya cara untuk membantu menstabilkan tekanan darah Anda, tetapi juga cara untuk memberi Anda nutrisi yang baik bagi tubuh.

Sebagian besar sayuran segar secara alami rendah sodium, lemak dan kalori. Sayuran seperti brokoli, wortel, jamur dan tomat juga tinggi kalsium dan kalium, dua mineral yang membantu mendukung tingkat tekanan darah yang sehat.

2. Buah segar

Buah-buahan segar, seperti apel, pisang, stroberi, blackberry dan blewah, adalah cemilan yang menyehatkan. Buah-buahan seperti apel dan pisang adalah camilan siap saji yang siap dimakan.

Gabungkan buah-buahan lain yang bisa menjadi pilihan cemilan sehat adalah beri dan melon ditambah yogurt rendah lemak.

Buah-buahan segar secara alami rendah sodium, kaya serat dan mengandung kalsium, yang berkontribusi terhadap tekanan darah yang sehat. Buah-buahan juga tinggi potasium, yang membantu natrium dalam mengatur keseimbangan air tubuh Anda.

3. Segenggam kacang

Nikmati kacang renyah, seperti kacang mete, sebagai cara untuk membantu Anda menjaga tekanan darah yang sehat. Kacang yang dijual dalam cangkangnya, seperti kacang kenari, kacang Brazil, kacang hazel dan pecan, biasanya bebas dari garam tambahan.

Namun, kacang dan pistachio sering diasinkan. Kacang yang dikupas dan tidak tawar juga tersedia dalam paket praktis untuk camilan saat bepergian. Kacang mengandung serat dan magnesium, mineral yang memainkan peran penting dalam tingkat tekanan darah yang sehat.

Karena kacang padat kalori, batasi asupan makanan ringan hingga 1,5 ons sebagai bagian dari program manajemen berat badan yang mendukung tingkat tekanan darah yang sehat.

4. Susu rendah lemak

Makanan atau minuman seperti keju dan susu rendah lemak, serta yogurt, membuat pilihan camilan yang baik untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Yoghurt beku, keju rendah lemak dengan sepotong buah segar, atau secangkir yogurt rendah lemak dengan topping buah segar adalah camilan yang dan baik untuk tekanan darah Anda.

Dalam American Heart Association dijelaskan bahwa perempuan yang mengonsumsi lima atau lebih porsi yogurt per minggu, terutama sebagai bagian dari diet sehat, memiliki risiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi.

Pilihan susu rendah lemak juga biasanya tinggi kalsium dan kalium, mineral ramah tekanan darah. Namun, produk susu dapat mengandung natrium dalam jumlah tinggi. Periksa label makanan untuk memastikan Anda membeli varietas rendah sodium atau bebas sodium.


Baca juga artikel terkait HIPERTENSI atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight