35 Ribu Personel Polri Dikerahkan Kawal Demo Baitul Maqdis

Oleh: Maya Saputri - 11 Mei 2018
Aksi ini diprakarsai oleh beberapa organisasi masyarakat berbasis agama Islam sebagai respons atas pemindahan ibu kota Israel ke Yerusalem.
tirto.id -
Polda Metro Jaya akan menurunkan sebanyak 35 ribu pasukan untuk mengamankan jalannya aksi solidaritas Baitul Maqdis. Aksi ini diprakarsai oleh beberapa organisasi masyarakat berbasis agama Islam sebagai respons atas pemindahan ibu kota Israel ke Yerusalem.

Hal ini dikatakan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono melalui keterangan tertulis. Menurutnya, aksi hari Jumat (11/5/2018) yang diusung oleh Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis akan dikawal oleh gabungan pasukan TNI dan Polri.

"Keseluruhan pasukan berjumlah 35 ribu orang terdiri dari gabungan TNI dan Polei," kata Argo hari Kamis (10/5/2018).

Argo menambahkan, jumlah massa bisa mencapai ratusan ribu orang. Prediksi itu disampaikan berdasar permohonan izin keramaian yang disampaikan oleh panitia.

"Yang jelas, aksi akan diawali dengan salat subuh di area Monumen Nasional dan ditutup dengan salat Jumat," ujarnya lagi.

Menurut salah satu peserta aksi dari Persaudaraan Alumni (PA) 212, Novel Bamukmin, siapa pun bisa mengikuti aksi yang digelar sejak subuh ini. Juru bicara PA 212 ini menegaskan, pihaknya akan mengerahkan seluruh sumber dayanya secara maksimal dalam aksi hari ini.

"Kami dari Persaudaraan Alumni 212 akan turun all out," kata Humas Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat dini hari, sebagaimana dilansir dari Antara.

Selain PA 212, nama-nama yang diperkirakan hadir antara lain Direncanakan hadir dalam aksi itu antara lain Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin, anggota Dewan Pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama Ustadz Bachtiar Nasir, KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, Ustadz Felix Siauw, dan Ustadz Abdul Somad.

Baca juga artikel terkait AKSI BELA PALESTINA atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight