Pandemi COVID-19

333 Titik Sekat Mudik 2021: Dimulai dari Lampung hingga Bali

Oleh: Adi Briantika - 14 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Lokasi penyekatan arus lalu lintas pada Operasi Ketupat 2021 mulai dari Polda Lampung hingga Polda Bali.
tirto.id - Korps Lalu Lintas Polri siapkan 333 titik sekat guna antisipasi masyarakat yang nekat mudik Idulfitri 2021 di masa pandemi tahun ini. Hal ini dilakukan usai pemerintah melarang mudik lebaran.

“Lokasi penyekatan arus lalu lintas pada Operasi Ketupat 2021 mulai dari Polda Lampung hingga Polda Bali,” ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan, Rabu (14/4/2021).

Berikut jumlah titik sekat:
  • Polda Lampung (8 titik)
  • Polda Banten (16 titik)
  • Polda Metro Jaya (8 titik)
  • Polda Jawa Barat (132 titik)
  • Polda Jawa Tengah (149 titik)
  • Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (10 titik)
  • Polda Jawa Timur (7 titik)
  • Polda Bali (3 titik)
Larangan mudik lebaran kali demi mencegah penyebaran COVID-19. Namun hal ini bertolak belakang karena pemerintah mengizinkan pembukaan objek wisata. Destinasi liburan berpotensi menimbulkan kerumunan, yang berimbas kepada lonjakan kasus Corona.


Kebijakan larangan mudik periode 6-17 Mei 2021 ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rabu (7/4). Selanjutnya, Menko PMK Muhadjir Effendy yang menyatakan dukungan terkait pembukaan objek wisata saat libur Idulfitri.

“Harus diketahui, bahwa tujuan kami meniadakan mudik memang untuk menekan penyebaran dan penularan COVID-19, tapi bukan membuat kegiatan ekonomi khususnya di sektor parekraf juga terhenti,” kata Muhadjir.

Mengenai pembukaan objek wisata di tengah larangan mudik itu kemudian ditekankan ulang oleh Menparekraf Sandiaga Uno, pada 5 April lalu. Dia bilang pelarangan mudik lebaran membuat banyak warga masyarakat DKI Jakarta yang tidak keluar kota, sehingga akan disiapkan destinasi wisata dalam kota.

“Saya berkoordinasi dengan Asisten Pemerintahan Pemprov DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang langsung menugaskan Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menanggapi hal ini dan mempersiapkan protokol kesehatan dan hal lainnya. Karena ada beberapa spot yang akan ramai dikunjungi wisatawan seperti Setu Babakan, Kebun Binatang Ragunan, dan juga Monas,” ucap Sandiaga.



Baca juga artikel terkait LARANGAN MUDIK 2021 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Abdul Aziz
DarkLight