32 DPD II Golkar Jateng Deklarasi Dukungan, Airlangga: Sudah 90%

Oleh: Irwan Syambudi - 3 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Airlangga menyebut hampir seluruh DPD tingkat I se-Indonesia memberikan dukunag, ia memperkirakan dukungan suara sudah 90 persen.
tirto.id - Sedikitnya 32 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat II Partai Golkar Jawa Tengah mendeklarasikan dukungan kepada ketua umum sekaligus calon Ketua Umum Partai Golkar 2019-2024 Airlangga Hartarto.

Deklarasi dukungan dilangsungkan di Yogyakarta pada Jumat (2/8/2019) malam. Deklarasi tersebut dihadiri Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan juga sejumlah tokoh senior Golkar sepeti Akbar Tanjung dan Agung Laksono.

Ketua DPD I Golkar Jateng Wisnu Suhardono dalam sambutanya mengatakan dari 35 DPD II Jateng, terdapat 32 DPD II yang hadir dalam deklarasi. Sementara tiga lainnya tidak hadir.

"35 DPD tingkat II se-provinsi Jawa Tengah absen hanya tiga. Tapi Insyaallah sebelum munas, Jateng akan ada pemekaran," kata Wisnu.

Ia meminta agar Airlangga tak khawatir soal dukungan dari Jateng. Wisnu mengatakan bahwa dukungan suara pada Airlangga untuk memimpin Golkar tidak akan berkurang.

"Kami sudah melakukan rapat pleno 16 Juli yang lalu. Dihadiri perwakilan DPD yang keputusannya mengikat bahwa seluruh DPD tingkat II Jawa Tengah akan mendukung, mengusung dan memenangkan Bapak Airlangga Hartarto untuk memimpin Golkar periode 2019-2024," ujarnya.


Selain Ketua DPD I Golkar Jateng, Ketua DPD I Golkar DIY Haryadi Suyuti juga hadir dalam deklarasi tersebut. Haryadi yang juga merupakan Wali Kota Yogya itu menyebut DPD I Golkar DIY telah mendeklarasikan dukungan terlebih dahulu pada Airlangga.

"Golkar Yogyakarta sudah mendeklarasikan dukungan kepada Pak Airlangga, tidak hanya kepengurusan sekarang tapi juga kepengurusan yang akan datang," katanya.

Ketua DPD I Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi juga mengatakan DPD II Golkar Jawa Barat semuanya mendukung Airlangga kembali menjadi Ketum Golkar.

"[Golkar Jabar] sudah utuh semuanya untuk Pak Airlangga dan kami yang pertama kali mendeklarasikan dukungan," kata Dedi.

Menyambut dukungan yang diberikan, Airlangga bersyukur. Ia mengatakan akan menjaga amanah dari sejumlah DPD baik tingkat I dan II yang telah mendeklarasikan dukungan.

"Teman-teman DPD se-Jawa Tengah, DIY sudah [deklarasi dukungan] beserta daerah lain Sumut, Aceh dan hampir seluruh DPD tingkat I se-Indonesia [...] Kira-kira [dukungan suara] sudah 90 persen," katanya.


Baca juga artikel terkait CALON KETUA UMUM GOLKAR atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Yantina Debora
DarkLight