31.000 Aparat Gabungan Amankan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Oleh: Alfian Putra Abdi - 15 Oktober 2019
Pengamanan pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin berlapis dengan mengerahkan aparat TNI-Polri dan Satpol PP DKI Jakarta.
tirto.id - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, ada 31.000 personel gabungan Polri-TNI dan jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk mengamankan pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Pelantikan tersebut akan diselenggarakan di DPR-RI, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019) pukul 14.30 WIB mendatang.

Ia juga mengatakan pengamanan saat pelantikan merupakan taruhan bagi harga diri Indonesia. Sebab dalam momentum politis tersebut akan dihadiri oleh para tamu dari negara tetangga dan diliput oleh media asing.

"31.000 akan kami bagi tiga ring. Ring pertama, di lokasi gedung DPR. Kedua, kawasan DPR di sana ada Polri-TNI. Ketiga, ada di sekitar kawasan DPR," ujarnya di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019).

Pengamanan juga akan diberlakukan untuk para tamu asing yang menghadiri pelantikan tersebut. Para tamu akan di kawal selama berada di DKI Jakarta hingga tiba di lokasi pelantikan yakni gedung DPR.

Ia berharap pelantikan akan berjalan lancar dan aman, sehingga harkat martabat Indonesia di mata dunia bisa terjaga dengan baik.

"Dunia Internasional bisa melihat demokrasi Indonesia yang bagus. Sehingga nanti bisa banyak investor yang masuk ke Indonesia untuk menanamkan modal. Itu semua untuk kemakmuran masyarakat," ujarnya.



Baca juga artikel terkait PELANTIKAN JOKOWI-MARUF atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Zakki Amali
DarkLight