Menuju konten utama

3.000 Personel TNI-Polri Amankan WSBK & IATC di Sirkuit Mandalika

Ribuan personel gabungan akan dibagi ke dalam tiga kelompok patroli saat ajang World Superbike dan Idemitsu Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika.

3.000 Personel TNI-Polri Amankan WSBK & IATC di Sirkuit Mandalika
Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 saat mencoba lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/sgd/wsj.

tirto.id - Personel gabungan TNI dan Polri bakal terlibat dalam pengamanan acara World Superbike dan Idemitsu Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

“Yang akan terlibat dalam pengamanan ajang IATC dan WSBK di Sirkuit Mandalika minimal 3.000 personel,” kata Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Barat Kombes Pol Artanto, ketika dihubungi Tirto, Jumat (12/11/2021).

Tiga kelompok patroli gabungan yakni Tim Kamseltibcar Lantas guna mengurai kemacetan, Tim Kamtibmas untuk mencegah dan respons cepat terhadap gangguan keamanan dan ketertiban; dan Tim Prokes terdiri TNI, Polri, dan Dinkes guna penerapan protokol kesehatan bagi penonton.

Aparat dan pengelola kegiatan pun juga memiliki manajemen lalu lintas berupa sistem transportasi bagi penonton dari bandara dan pelabuhan yang hendak ke sirkuit.

Terdapat lima pintu masuk ke Pulau Lombok yang telah ditempatkan armada bus untuk penonton, yaitu Bandara Internasional Lombok, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Lembar, dan Terminal Bus Mataram.

Setiap penumpang yang akan naik harus dicek suhu tubuh, memakai masker, verifikasi vaksin. Kemudian penonton akan diarahkan untuk mengikuti tes antigen, bila hasil uji adalah negatif maka mereka bisa menukarkan tiket sesuai warna gelang untuk pembagian jalur masuk penonton.

Hari ini Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Diresmikannya lokasi tersebut, presiden meyakini bahwa ajang balap kelas dunia siap digelar.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt, juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan ajang kelas dunia,” kata dia.

Presiden juga meresmikan jalan By Pass 17,3 kilometer yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok dengan KEK Mandalika.

Baca juga artikel terkait SIRKUIT MANDALIKA atau tulisan lainnya dari Adi Briantika

tirto.id - Hukum
Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Bayu Septianto