3 Jam Jelang Kick Off Indonesia vs Thailand, SUGBK Masih Sepi

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 10 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Belum ada banyak penonton lalu lalang, padahal di laga sebelumnya melawan Malaysia, kawasan SUGBK sudah tampak padat sejak siang hari.
tirto.id - Tiga jam jelang kick off pertandingan Indonesia vs Thailand dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (10/9/2019), suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masih sepi.

Berdasarkan pantauan reporter Tirto, belum ada banyak penonton lalu lalang, padahal di laga sebelumnya melawan Malaysia, kawasan SUGBK sudah tampak padat sejak siang hari.

"Gue baru dateng juga ini. Iya lebih sepi, ini juga datang karena kebetulan kerjaan lagi longgar," tutur Riki (28), seorang suporter yang ditemui reporter Tirto di depan Pintu G SUGBK.

Lain lagi dengan Ayit (31), seorang suporter yang datang dari Papua. Ayit mendaku sudah menunggu di SUGBK sejak pukul 14.00 WIB.

"Baru pertama nonton. Tak tahu kalau ternyata baru boleh masuk (ke ring dalam SUGBK) jam setengah enam sore. Ini nunggu saja, dari pada ke mana juga tidak tahu," jelasnya.

Menurunnya antusiasme suporter untuk datang ke SUGBK sebenarnya wajar belaka. Hasil buruk ketika kalah 2-3 dari Malaysia di laga sebelumnya jadi pemicu hal tersebut. Sebab dengan posisi juru kunci klasemen sementara Grup G, peluang Tim Merah Putih melaju ke fase berikutnya relatif kecil.

Timnas Indonesia berada di posisi juru kunci klasemen Pra-Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G usai kalah atas Malaysia dengan skor 2-3 pada Kamis (5/9/2019). Garuda mengumpulkan nol angka dari 1 laga, dan berada di bawah Malaysia (3 poin), Vietnam, Thailand (1 poin), hingga Uni Emirat Arab (UEA) yang belum bertanding.

Dalam laga kontra Malaysia, Garuda tampil menyerang serta mendominasi permainan di awal pertandingan. Bahkan, anak asuh Simon McMenemy unggul 2-1 berkat dua gol Alberto Goncalves. Sementara satu gol Malaysia dikemas pemain naturalisasi Mohamadou Sumareh.

Namun, babak kedua menjadi milik Harimau Malaya. Penguasaan bola dengan intensitas serangan yang tinggi kerap diperagakan oleh skuad asuhan Tan Cheng Hoe. Hasilnya, dua gol tambahan ditorehkan, masing-masing oleh Syafiq Ahmad pada menit 66 dan Mohamadou Sumareh di ujung laga.

Di partai lainnya, Thailand dan Vietnam bermain imbang 0-0. Berlangsung di Stadion Thammasat, skuad asuhan Akira Nishino harus puas berbagi poin.


Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight