270 Tenaga Kesehatan di Surabaya Positif COVID-19

Reporter: - 14 Juli 2021
Meski banyak tenaga kesehatan terpapar COVID-19, Pemkot Surabaya tetap mengoptimalkan pelayanan kesehatan di 64 Puskesmas hingga 24 jam.
tirto.id - Wakil Wali Kota Surabaya, Jawa Timur Armuji menyebut sekitar 270 tenaga kesehatan di Kota Surabaya saat ini terpapar COVID-19.

"Dr. Bramana Askanda dari IDI Surabaya tadi menyampaikan bahwa saat ini ada 270 dokter terpapar COVID-19," kata Armuji saat rapat koordinasi penanganan COVID-19 secara daring di Surabaya, Rabu (14/7/2021) dilansir dari Antara.

Armuji mengatakan pertambahan jumlah kasus infeksi COVID-19 per 13 Juli 2021 mencapai 1.624 orang, sehingga kasus aktif menjadi 2.275 orang. Saat ini, kata Armuji, Pemerintah Kota Surabaya telah mengoptimalkan pelayanan kesehatan di 64 Puskesmas hingga 24 jam. Puskesmas tersebut siap melayani pasien yang isolasi mandiri atau warga dengan gejala COVID-19.

Saat memimpin rapat, Armuji menerima masukan untuk menyiapkan relawan tenaga kesehatan yang direkrut dari mahasiswa semester akhir Fakultas Kedokteran atau Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Surabaya.

"Harapannya nanti relawan kesehatan dapat membantu pelayanan di Puskesmas. Tentunya kami akan berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan, fakultas kedokteran dan Stikes di Surabaya," katanya.

Ia menegaskan dalam situasi darurat seperti ini, Pemkot Surabaya dituntut mengambil langkah cepat untuk menjamin keselamatan warganya.

"Sekarang kami harus ambil terobosan untuk menghindari administrasi yang ribet dan birokratis, seperti obat atau vaksin bisa dikeluarkan izin edar darurat. Jadi, rekrutmen relawan kesehatan harusnya bisa juga di situasi pandemi ini," katanya.



Baca juga artikel terkait TENAGA KESEHATAN POSITIF CORONA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Editor: Bayu Septianto
DarkLight