Hari AIDS Sedunia

25 Kata-kata Bijak Penyemangat untuk ODHA di Hari AIDS Sedunia

Penulis: Dhita Koesno, tirto.id - 30 Nov 2022 16:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Kata kata motivasi bijak Hari AIDS sedunia untuk penyemangat para ODHA.
tirto.id - Hari AIDS sedunia diperingati setiap 1 Desember dan tahun ini bertepatan dengan hari Kamis (1/12/2022).

Dikutip laman WebMD, Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang tumbuh di tubuh dan akan melemahkan sistem kekebalan tubuh orang yang terinfeksi tersebut.

Hal ini membuat lebih sulit untuk melawan kuman dan penyakit umum lainnya. Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) adalah tahap terakhir dari infeksi HIV.


Badan Organisasi Dunia (WHO) menyatakan, HIV AIDS telah mempengaruhi sejumlah besar orang di seluruh dunia.

Meski demikian, penyakit ini dapat dikendalikan jika kesadaran diciptakan pada banyak orang.

Kata-kata Bijak/Motivasi Penyemangat untuk ODHA


Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 25 kata-kata bijak tentang HIV AIDS untuk menciptakan kesadaran di antara orang-orang tentang penyakit ini yang diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi para Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), beberapa di antaranya merupakan kutipan dari para pesohor dunia dan tokoh inspirasional:

  1. Bagi Anda yang terinfeksi HIV, yakinlah ada banyak orang ingin melindungi Anda.. Tetap semangat untuk kehidupan luar biasa yang menanti Anda...
  2. Nyawa manusia yang akan kita selamatkan akan menjadi hal yang sangat luar biasa, termasuk kepada para ODHA. Jadi jangan ragu, Anda hanya perlu melibatkan diri sebanyak yang Anda bisa. Sekecil apapun bantuan Anda akan sangat berarti!
  3. "Alasan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi anak-anak untuk mempersatukan kita semua dan saat ini HIV/AIDS adalah ancaman terbesar bagi tujuan universal yang satu ini. UNICEF membutuhkan kita semua untuk membantu mereka mengubah dunia untuk anak-anak." - Liam Neeson
  4. Suara Anda akan sangat berarti dan menjadi senjata ampuh untuk menciptakan bumi yang indah. Mari bersatu untuk memenangkan pertarungan melawan AIDS.
  5. Satu di antara kita bisa saja terkena HIV, karena di mata AIDS semua orang sama saja.. Jadi jangan kucilkan ODHA, rengkuh dan sayangilah mereka.
  6. Penularan AIDS bukanlah dari pelukan, jabat tangan atau sekedar makan dengan mereka. ODHA bukanlah ancaman. Ancaman justru bisa datang dari para orang-orang yang mengucilkan mereka.
  7. "Sejarah pasti akan menilai kita dengan keras jika kita tidak menanggapi dengan semua energi dan sumber daya yang dapat kita berikan untuk memerangi HIV/AIDS." - Nelson Mandela.
  8. Berikan cinta, tawa, kebahagiaan, serta kedamaian pada anak-anak ODHA, bukan hanya menakut-menakuti pada AIDS itu sendiri.
  9. Ada banyak cinta, dukungan, dan kepedulian buat anak-anak dan para ODHA, jangan takut bergabung dan berkreasi, karena Anda layak bahagia.
  10. Dear ODHA, pengetahuan dan edukasi tentang HIV/AIDS telah membuka mata pikiran banyak orang, jangan pernah merasa diri Anda hina, karena kalian juga manusia sempurna.
  11. "HIV tidak membuat orang berbahaya. Jadi, Anda dapat menjabat tangan mereka dan memeluk mereka. Surga tahu mereka membutuhkannya." - Putri Diana.
  12. "Kita perlu bersatu sebagai satu kesatuan setiap hari, terutama untuk menaklukkan kekuatan virus AIDS." - Dustin Hoffman
  13. "Orang dengan HIV dan AIDS tidak perlu ditakuti. Mereka adalah orang-orang seperti kita semua, dan masing-masing memiliki kisah untuk diceritakan. Orang-orang ini harus dibantu, dipeluk, dan tidak diberhentikan. Kita perlu membuka hati dan pikiran kita kepada mereka, dan kita mungkin belajar bahwa kita semua sama." - Lisa Lampanelli.
  14. AIDS adalah penyakit mematikan dan mengerikan, karenanya semua orang yang mengidapnya pantas mendapatkan kasih sayang tak terhingga.
  15. Perhatian dan bantuan kecil untuk ODHA merupakan bantuan besar untuk masyarakat dunia.
  16. Dengan semakin mengenal HIV/AIDS, kita akan semakin bisa menyayangi ODHA. Sebarkan harapan untuk mereka, bukan kebencian.
  17. Memerangi HIV/AIDS tak cukup seruan moral, perbaikan kesejahteraan & pendidikan adalah jalan keluar..
  18. "Mari berhenti melihat penderita HIV/AIDS sebagai aib dan nista,mereka layak menyambung hidup & berdaya dengan dukungan kita" - Najwa Shihab.
  19. AIDS bukanlah hukuman mati, tapi takdir yang harus dihadapi para ODHA. Anda bisa melawannya, yakinlah Anda akan sembuh dari AIDS, karena Tuhan ada bersama Anda.
  20. Orang-orang yang menganggap AIDS adalah hukuman dari Tuhan, mungkin mereka memang punya masalah dengan pikiran dan kesehatannya sendiri.
  21. “Saya pikir AIDS bisa dimenangkan. Saya pikir kita bisa memenangkan pertarungan ini. Itu bisa dimenangkan. Tapi itu berarti perubahan perilaku.” - Franklin Graham
  22. “AIDS dibiarkan terjadi. Itu adalah wabah yang tidak perlu terjadi. Itu adalah wabah yang bisa diatasi sejak awal.” - Larry Kramer.
  23. “Gagasan populer tentang AIDS didasarkan pada hipotesis yang tidak sesuai dengan penelitian ilmiah.” - Nate Mendel
  24. “AIDS adalah situasi kompleks yang pasti memunculkan yang terbaik dan terburuk dalam diri manusia.” - Niki de St. Phalle
  25. Mari bersatu melawan AIDS, karena tak ada yang tak mungkin jika Allah sudah berkehendak, terus semangat menjalani hidup bersama orang-orang yang mencintai Anda!



Baca juga artikel terkait KATA-KATA MOTIVASI HARI AIDS atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Yantina Debora

DarkLight