21 juta Lansia Akan Divaksinasi Gelombang Kedua Mulai 17 Februari

Reporter: Antara - 15 Februari 2021
Gelombang kedua vaksinasi akan menyasar lansia hingga pekerja sektor publik.
tirto.id - Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi untuk kelompok lanjut usia atau di atas 60 tahun sebanyak 21 juta orang. Secara bertahap vaksinasi untuk lansia dimulai pertengahan bulan ini.

"Kelompok masyarakat yang termasuk lansia ini sangat perlu diprioritaskan karena kondisi mereka rentan terpapar virus," kata Pelaksana tugas Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Dr Maxi Rein Rondonuwu, Senin (15/2/2021).

Pada gelombang kedua, Kemenkes juga menarget 17 juta petugas atau pekerja di sektor pelayanan publik seperti pedagang pasar. Rencananya vaksinasi gelombang kedua dimulai pada Rabu (17/2/2021) dari pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta.

Vaksinasi gelombang kedua akan menyasar lebih dulu tujuh provinsi prioritas yang tersebar di Jawa dan Bali karena masuk zona merah dengan jumlah pasien dan tingkat penyebaran COVID-19 tertinggi di Indonesia.

"Sekitar 70 persen kasus COVID-19 Indonesia berada di Jawa dan Bali, sehingga mendapatkan prioritas pertama," ujarnya.

Kemudian, jumlah penduduk yang padat juga menjadi pertimbangan prioritas vaksinasi tahap kedua. Sementara, 30 persen lainnya akan disebar ke beberapa daerah lainnya.

Hingga 14 Februari 2021, jumlah penularan Corona di Indonesia mencapai 1.217.468 kasus dengan 33.183 orang meninggal. Jumlah kasus aktif mencapai 159.012.




Baca juga artikel terkait VAKSINASI atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Antara
Editor: Zakki Amali
DarkLight