20 Contoh Hewan Omnivora Beserta Penjelasan Makanannya

Kontributor: Tifa Fauziah, tirto.id - 30 Sep 2022 21:10 WIB
Dibaca Normal 3 menit
20 contoh hewan omnivora beserta penjelasan makanan serta karakteritik umumnya adalah sebagai berikut.
tirto.id - Contoh hewan omnivora adalah tikus, babi, beruang, orang utan, kera, dan masih banyak lagi yang lainnya. Manusia juga termasuk organisme omnivora, yang bahkan mampu beradaptasi di berbagai macam lingkungan di bumi, berkat akal dan pikirannya.

Hewan omnivora adalah jenis hewan pemakan segala. Maksud dari pemakan segala adalah dapat memakan berbagai jenis makanan, baik dari jenis tumbuhan (nabati) maupun hewan (daging).

Pada umumnya, hewan-hewan omnivora mampu mendominasi eksosistemnya, kecuali apabila ada gangguan ke habitatnya. Hewan omnivora lebih mampu beradaptasi dengan perbahan lingkungan karena punya fleksibilitas dalam hal makanan.

Omnivora merupakan salah satu dari tiga golongan jenis hewan jika dibedakan berdasarkan jenis makanannya. Adapun 2 jenis lain adalah herbivora dan carnivora.

Hewan herbivora adalah hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan. Sementara hewan carnivora adalah hewan pemakan daging. Dengan demikian, omnivora bisa disebut sebagai hewan pemakan campuran tumbuhan maupun daging.

Hewan omnivora tidak hanya hidup di darat. Sejumlah jenis hewan omnivora juga memiliki habitat di air. Ada banyak jenis ikan omnivora, seperti lele, mujair, dan lain sebagainya.


Ciri-ciri Hewan Omnivora

Setiap jenis hewan berdasarkan golongan makanannya punya ciri-ciri yang sebagian besar berbeda dari golongan lainnya. Dikutip dari laman Sumber Belajar Kemdikbud, berikut ialah ciri-ciri hewan omnivora:

  • Memakan tumbuh - tumbuhan dan daging.
  • Punya sistem pencernaan yang kompleks
  • Punya gigi yang tajam di bagian depan
  • Punya gigi datar di bagian belakang
  • Mayoritas bukan merupakan hewan mamalia, tapi ada sebagian yang mamalia
  • Sebagian besar berkembang biak secara bertelur, dan lainnya secara beranak.


20 Contoh Hewan Omnivora dan Penjelasan Makanannya

Ada banyak contoh hewan omnivora. Sebagian contoh hewan omnivora bahkan dapat ditemukan di lingkungan sekitar.

Adapun 20 contoh hewan omnivora adalah:

  • Burung Gagak
  • Monyet
  • Orang Utan
  • Simpanse
  • Beruang
  • Luwak (Musang)
  • Babi
  • Burung Flamingo
  • Burung Jalak
  • Kasuari
  • Paus
  • Lumba-lumba
  • Udang Galah
  • Ikan Lele
  • Ayam
  • Ikan Mujair
  • Tikus
  • Bebek
  • Semut
  • Kura-kura.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan 20 contoh hewan omnivora tersebut:

1. Burung Gagak

Burung gagak termasuk salah satu hewan omnivora dari jenis burung. Meskipun sering memakan bangkai atau memburu anak ayam, burung gagak juga biasa mengonsumsi padi maupun jagung di ladang.

2. Monyet

Monyet termasuk ke dalam hewan omnivora karena pemakan segala, mulai dari biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, hingga beberapa hewan kecil dan serangga. Jika ditelusuri, monyet termasuk ke dalam salah satu anggota keluarga primata yang bukan prosimia (pra-kera) atau kera baik di dunia Lama atau dunia Baru. Meskipun demikian, beberapa jenis monyet disebut juga sebagai kera.

3. Orang Utan

Orang utan termasuk jenis kera ukuran besar, berbulu merah kecoklatan dan lengan yang panjang. Hewan omnivora ini banyak hidup di hutan tropis Indonesia dan Malaysia, khususnya Kalimantan dan Sumatera.

Pada umumnya, orang utan memakan kulit pohon, bunga, dedaunan, jamur, madu, buah-buahan dan beberapa serangga. Dalam hal minum, orang utan bisa mengambil air yang telah terkumpul di lubang-lubang cabang pepohonan.

4. Simpanse

Sama halnya dengan beberapa jenis primata lainnya, simpanse adalah hewan omnivora. Jenis makanannya seperti biji-bijian, buah-buahan, bunga dan serangga. Simpanse termasuk dalam primata keluarga Hominidae seperti gorilla dan orang utan.

Dalam habitatnya, simpanse hidup dalam hierarki sosial yang tinggi sebagai suatu komunitas. Terdapat satu individu atau lebih yang mampu mendominasi anggota lainnya dari tingkat yang lebih rendah.

5. Beruang

Beberapa beruang termasuk ke dalam jenis karnivora. Dan beberapa lainnya termasuk pemakan segala seperti madu, tumbuh-tumbuhan dan beberapa serangga kecil.

6. Luwak (Musang)

Luwak atau musang merupakan hewan omnivora yang hidup di pepohonan. Di habitatnya, luwak kerap memakan buah-buahan, serangga, cacing, kadal dan beberapa hewan kecil lainnya.

7. Babi

Babi merupakan hewan pemakan segala yang berasal dari daerah Eurasia. Disebut sebagai hewan omnivora karena babi memakan daging dan tumbuh-tumbuhan.

8. Burung Flamingo

Burung flamingo termasuk hewan omnivora, tetapi makanan utamanya udang dan alga. Bentuk paruh yang melengkung ke bawah membuat flamingo dapat beradaptasi menyaring air dan lumpur untuk mendapat makanan.

9. Burung Jalak

Burung jalak merupakan jenis hewan omnivora dengan paruh yang kuat, tajam, dan lurus. Dalam mencari makanan, burung jalak memakan beberapa serangga dan buah-buahan seperti pisang.

10. Kasuari

Burung bertanduk ini termasuk dalam jenis hewan omnivora. Burung kasuari memiliki kaki kuat dengan kuku yang tajam. Burung kasuari memakan beberapa jenis buah dan serangga.

11. Paus

Selain dikenal sebagai mamalia laut, Paus juga termasuk ke dalam hewan pemakan segala. Paus sering memakan cumi-cumi jenis crustacea dan beberapa jenis hewan kecil lainnya.

12. Lumba-lumba

Sama halnya dengan paus, lumba-lumba juga termasuk mamalia sekaligus pemakan segala yang hidup di laut lepas. Beberapa contoh makanan lumba-lumba adalah cumi-cumi, ikan kecil dan plankton.

13. Udang Galah

Udang galah juga termasuk hewan omnivora penghuni dasar perairan yang makanan alaminya berupa cacing, siput, kerang, ikan, potongan padi, gandum, buncis, biji-bijian, tanaman air, dan buah-buahan. Selain itu, udang galah juga hewan air pemakan organisme dasar dan bangkai.

14. Ikan Lele

Ikan Lele termasuk hewan omnivora yang cukup rakus, dan bahkan bisa memiliki perilaku kanibal. Karena itu, harus tersedia cukup makanan bagi lele agar sifat kanibalnya tidak muncul, terutama jika ikan air tawar ini dipelihara dalam kolam.

15. Ayam

Ayam termasuk pula jenis hewan omnivora. Karena itu pemeliharaan ayam di rumah-rumah, terutama untuk jenis ayam kampung, terbilang mudah karena hewan ini bisa memakan berbagai jenis pangan baik tumbuhan maupun yang hewani.

16. Ikan Mujair

Ikan mujair yang hidup di air tawar juga masuk kategori hewan omnivora. Ikan omnivora seperti mujair lebih mudah menerima pakan tambahan, sebagaimana lele.

17. Tikus

Tikus adalah hewan omnivora yang terkenal rakus juga. Sebagai hewan pemakan segala, tikus pun bisa bertahan hidup dengan beragam jenis pakan. Komposisi pangan tikus bahkan bisa bergantung pada lingkungan. Biasanya, tikus memiliki kebiasaan mencicipi suatu jenis makanan untuk melihat reaksi ditubuhnya. Jika aman, tikus akan segera melahap makanan tersebut apa pun jenisnya.

18. Bebek

Bebak termasuk pula dalam golongan hewan omnivora. Biasanya, bebek bisa memakan berbagai macam tumbuhan, juga hewan-hewan kecil seperti cacing, ikan, serangga dan lainnya. Karena bisa memakan banyak jenis makanan, bebek mudah dibudidayakan.

19. Semut

Semut juga merupakan hewan omnivora. Hewan kecil ini bisa bertahan hidup dengan makanan dari tumbuhan maupun hewan. Semut merupakan pemakan jaringan hewan, eksudat tumbuhan, biji, dan embun madu dari jenis serangga herbivora. Sebagian jenis semut lebih tertarik pada karbohidrat, lainnya ke protein, dan juga ada yang berminat pada 2 jenis nutrisi makanan itu.

20. Kura-kura

Kura-kura juga hewan omnivora. Makanan kura-kura bisa berupa daging maupun tumbuhan. Kura-kura memiliki moncong mulut yang keras sehingga bisa dipakai untuk mengoyak daging maupun tumbuhan. Namun, biasa ada kecenderungan berlainan tergantung habitat hewan reptil ini. Kura-kura di air tawar cenderung omnivora, sementara kura-kura darat lebih condong ke herbivora.

Baca juga artikel terkait HEWAN atau tulisan menarik lainnya Tifa Fauziah
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Addi M Idhom

DarkLight