20 Calon Anggota Komnas Perempuan Lolos dari Tahap Wawancara

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 22 November 2019
Pansel Pemilihan Anggota Komnas Perempuan telah memilih 20 nama yang direkomendasikan untuk dibawa ke Sidang Paripurna Komnas Perempuan pada Jumat (22/11/2019).
tirto.id - Panitia Seleksi Pemilihan Anggota Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) Periode 2020-2024 telah memilih 20 nama yang akan diserahkan ke Sidang Paripurna Komnas Perempuan pada Jumat (22/11/2019) ini.

Nama-nama tersebut merupakan hasil seleksi dari tahap wawancara terhadap 33 calon anggota. Ketua Pansel Usman Hamid dalam Pengumuman bernomor surat 53/KNAKTP/Pansel-PAKP/IX/2019 mengatakan bahwa keputusan itu berdasarkan pertimbangan aspek keterwakilan wilayah, gender, profesi, agama, keyakinan maupun kepercayaan, petahana-non petahana, hingga pertimbangan affirmative action.

“Keduapuluh calon disusun dengan peringkat 1 sampai 20 ini setidaknya memiliki keragaman yang terdiri dari latar belakang wilayah, misalnya, wilayah Indonesia Timur dan Indonesia Tengah, tokoh agama maupun komunitas penghayat kepercayaan, advokat, akademisi, buruh, keterwakilan gender laki-laki, petahana, calon dengan disabilitas, calon berlatar belakang LGBTQ, hingga calon dengan pengalaman sebagai Forum Pengada Layanan,” ujar Usman dalam surat tersebut.

Usman pun mengatakan bahwa panitia seleksi merekomendasikan 15 nama dengan peringkat terbaik agar ditetapkan oleh Sidang Paripurna Komnas Perempuan menjadi Anggota Paripurna Komnas Perempuan Periode 2020-2024.

Berikut ini 20 nama calon yang direkomendasikan oleh Panitia Seleksi (urutan sesuai peringkat):

  1. Maria Ulfah Anshor
  2. Dewi Kanti
  3. Satyawanti
  4. Rainy Maryke Hutabarat
  5. Olivia Chadidjah Salampessy
  6. Ruth Ketsia Wangkai
  7. Th. Sri Endras Iswarini
  8. Bahrul Fuad
  9. Nahe'i
  10. Alimatul Qibtiyah
  11. Siti Aminah Tardi
  12. Mathilda A. M. Wowor
  13. Yulia Dwi Andriyanti
  14. Tiasri Wiandani
  15. Veryanto Sitohang
  16. Andy Yentriyani
  17. Yuli Rustinawati
  18. Siti Rubaidah
  19. Mariana Amiruddin
  20. Retty Ratnawati


Baca juga artikel terkait KOMNAS PEREMPUAN atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Widia Primastika
DarkLight