2 Lagu Debut Jeon Somi Masuk 10 Besar Billboard World Digital Song

Oleh: Nuraini Ika - 25 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
“BIRTHDAY” menghuni peringkat 7, sementara “Outta My Head” di posisi 9 dalam tangga lagu Billboard World Digital Song.
tirto.id - Debut Jeon Somi kembali meraih pencapaian baru. Billboard mewartakan pada Senin (24/6/2019), lagu “BIRTHDAY” berhasil meraih peringkat 7 dalam chart "Billboard World Digital Song". Selain itu, lagu B-side track-nya, “Outta My Head” juga berada di top 10 besar tepatnya peringkat 9.

"Sudah hampir 4 tahun setelah dunia K-Pop pertama kali memperkenalkan Somi, ia akhinya telah resmi debut solo dan tidak hanya memasukkan satu, tetapi dua lagu ke Top 10," tulis Billboard dikutip Selasa (25/6).

Sebelumnya, “BIRTHDAY” menerima respons positif dari penikmat musik Korea Selatan yang dibuktikan saat berhasil merajai tangga musik real-time di sana, termasuk Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada, tak selang selepas debut pada 13 Juni lalu.


Somi juga terlibat dalam produksi lagu “BIRTHDAY” untuk liriknya, bersama Teddy, 24, dan Bekuh Boom. Ia berpartisipasi pula dalam proses produksi lagu “Outta My Head”.


Melalui title track “BIRTHDAY”, Somi berharap mampu menjadi simbol kelahirannya ke dunia musik sebagai penyanyi solo.

Selain itu, melalui lagu tersebut pula, ia ingin menunjukkan kemampuan bermusiknya dengan lagu energik bertempo up beat yang diwarnai dengan vokal yang kuat dan lantunan rap memukau.

Lagu tersebut semakin menarik disertai Musik Video (MV) yang penuh warna dan penampilan Somi yang cute sekaligus baddas dan penuh sentuhan swag khas artis asuhan YG Entertainment.

Menurut pantauan Tirto pada Selasa, (25/6/2019) pukul 14.55 WIB, tepatnya dalam kurun waktu 11 hari 22 jam setelah dirilis, MV lagu “BIRTHDAY” telah ditonton lebih dari 22 juta kali di YouTube.

Somi pertama dikenal publik saat ia mengikuti program survival Mnet Produce 101 pada 2016. Bukan hanya sebagai 11 terbaik peserta yang akan debut, Somi berhasil meraih peringkat pertama acara tersebut. Ia kemudian debut bersama girl group I.O.I.

Selepas kontrak I.O.I habis pada Januari 2017, Somi kembali ke agensi JYP Entertainment. Namun, pada September 2018 ia memutuskan bergabung dengan The Black Label, sub-agensi YG Entertainmnet.

Setelah hiatus selama 2 tahun, bersama agensi barunya, Somi akhirnya dapat berkarier solo lewat album debut bertajuk “BIRTHDAY” yang berisi dua lagu, yakni “BIRHDAY” dan “Outta My Head”.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Ibnu Azis
DarkLight