Virus Corona:

188 WNI Pekerja Kapal World Dream Masuk Area Observasi

Oleh: Alexander Haryanto - 28 Februari 2020
Observasi dilakukan untuk memastikan kembali mereka tidak terpapar virus corona.
tirto.id - 188 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Kapal World Dream mulai masuk ke area observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada Jumat (28/2/2020). Observasi dilakukan untuk memastikan kembali mereka tidak terpapar virus corona (Covid-19) berdasarkan protokol kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebelumnya, para pekerja kapal itu berada di KRI dr Soeharso-990. Berdasarkan pantauan Antara, dari Dermaga Pulau Lipan sekitar pukul 17.30 WIB, mereka masih menunggu antrean untuk masuk ke gedung observasi.

Terkait hal ini, Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya Yudo Margono mengatakan, proses observasi itu adalah mengecek suhu tubuh dan sama seperti yang dilakukan pada WNI asal Wuhan di Natuna, Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu.

"Kita laksanakan pengecekan suhu tubuh pagi dan malam, di waktu senggang mereka diberikan hiburan dan peralatan olahraga, supaya tidak bosan," kata Yudo.

Jumlah korban meninggal akibat virus corona COVID-19 pada Jumat (28/2/2020) mencapai 2.858 orang hingga pukul 12.30 WIB. Komisi Kesehatan Nasional Cina melaporkan pada Kamis, setidaknya ada 44 kematian baru dari infeksi virus corona COVID-19, menjadikan jumlah kematian di negara itu 2.788 orang.

Komisi tersebut juga melaporkan 327 kasus baru yang dikonfirmasi dalam periode yang sama, atau menurun sekitar 433 orang sejak Rabu (26/2/2020). Jumlah total infeksi COVID-19 di Cina hingga hari ini mencapai 83.342 orang.

Sementara itu, Korea Selatan melaporkan 256 kasus virus corona baru pada Jumat, sehingga jumlah total yang terinfeksi di negara itu menjadi 2.022, demikian diwartakan Aljazeera.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight