Advertorial

150 Tahun Asuransi Zurich, Kolaborasi Wujudkan Masa Depan Cerah

Penulis: Advertorial, tirto.id - 1 Nov 2022 20:06 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berbagai inovasi yang dilakukan Zurich Global dan Zurich Indonesia tak lepas dari aspek kolaborasi.
tirto.id - “Kolaborasi adalah kunci”.

Ungkapan di atas sering kita dengar, tentu, dan karenanya boleh jadi terkesan klise. Tapi begitulah adanya: kolaborasi memang kunci dan banyak contoh sudah membuahkan bukti. Di Zurich, kolaborasi bukan hanya kunci, tapi juga prinsip yang mendasari semua kinerja perusahaan. Sejak Zurich lahir dan kemudian menjadi perusahaan global, lalu hadir di Indonesia, kolaborasi bukanlah sesuatu yang asing. Tak mengherankan, berkat kolaborasi pula perusahaan ini mampu melakukan berbagai inovasi sehingga dapat melewati peristiwa-peristiwa penting mulai dari Perang Dunia II hingga pandemi Covid-19.

Sejarah Zurich berakar pada tradisi kolaborasi yang kuat, tepatnya ketika 10 pria berembug di kota Zurich pada 22 Oktober 1872, membahas pendirian Versicherungs-Verein, Asuransi Asosiasi. Perusahaan baru itu dibentuk sebagai anak perusahaan dari salah satu asuransi kapal laut yang sudah eksis sejak 1869.

Sebagai gambaran, perputaran uang di wilayah Zurich kala itu lebih banyak berlangsung di industri tekstil. Pabrik-pabrik mengimpor kapas dari India, Mesir, dan Amerika dengan menggunakan kapal laut. Karenanya, mengasuransikan komoditas dalam perjalanan laut—kolaborasi antara pengusaha tekstil dengan penyedia layanan asuransi—menjadi hal niscaya, sejak dulu hingga sekarang.

Dengan segala reaksi serta respons konstruktif terhadap berbagai tantangan zaman, Zurich, perusahaan yang adaptif, tumbuh menjadi perusahaan global dan beroperasi di lebih dari 210 negara dan wilayah.

Berbagai inovasi yang dilakukan Zurich Global dan Zurich Indonesia tak lepas dari aspek kolaborasi. Sebagai contoh, Zurich Indonesia baru saja meluncurkan inovasi produk terbaru, Asuransi Parametrik Indeks Cuaca Syariah. Pembayaran manfaat klaim asuransi ini kepada petani dilakukan secara otomatis berdasarkan data cuaca aktual dan tidak memerlukan pengajuan klaim asuransi sebelumnya. Produk ini melindungi lebih dari 1.500 petani kopi di Aceh, salah satu wilayah produsen kopi terbesar di tanah air.

Asuransi Parametrik Syariah adalah jenis asuransi perlindungan cuaca pertama bagi petani kopi di Indonesia yang dikelola dengan prinsip Syariah. Zurich menggandeng mitra global untuk membantu melakukan pengukuran curah hujan serta mitra yang menaungi komunitas petani. Produk ini merupakan hasil gabungan pakar kopi, Blue Marble Microinsurance dan Zurich, sang pakar asuransi.

Adaptif, Berpengalaman, Berkomitmen

Zurich Insurance Group (Zurich) menandai hari jadinya yang ke-150 dengan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berkontribusi dan berkolaborasi terhadap kesuksesan Zurich: kepercayaan yang didasarkan pada kekuatan bisnis Zurich serta pengalaman panjangnya beradaptasi dengan perubahan.

Zurich memulai perjalanannya di Indonesia pada tahun 1991 dengan pemahaman bahwa gotong royong, kolaborasi khas masyarat Indonesia, adalah tradisi yang dirawat dari generasi ke generasi.

“Masyarakat Indonesia mengemban nilai kebersamaan melalui gotong royong dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuan mewujudkan hal yang lebih baik bersama. Dengan semangat gotong royong, Zurich menyuarakan #BarengJadiLebih, sebuah bentuk kolaborasi dan semangat Zurich untuk mengajak saling mendukung agar kita semakin hebat dengan mengubah hal biasa jadi istimewa, yang sederhana jadi lebih bermakna,” ungkap Edhi Tjahja Negara, Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk.

Capaian Zurich beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa Zurich Group dan Zurich Indonesia sama lincah dan sama suksesnya serta dalam posisi yang sangat kuat, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

“Selama 31 tahun beroperasi di Indonesia, Zurich terus beradaptasi terhadap berbagai perubahan untuk memberikan perlindungan terbaik dan dampak positif kepada masyarakat. Di era perubahan yang serba cepat ini, Zurich menyadari pentingnya kebersamaan, dan mengajak masyarakat berkolaborasi demi menciptakan masa depan yang lebih baik,” tambah Edhi.

Zurich Indonesia melayani nasabah pada segmen asuransi jiwa serta asuransi umum melalui PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI), PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah), dan PT Zurich Topas Life (Zurich Life).

Untuk merayakan hari jadinya, Zurich saat ini menawarkan diskon 15% dan penawaran menarik untuk produk asuransi sepeda motor, asuransi mobil, asuransi perjalanan, dan asuransi rumah. Rayakan 150 Tahun Zurich, mari berkolaborasi untuk perlindungan masa depan Anda.

Mulai kolaborasi sekarang, klik tautan berikut
(tirto.id - Mild Report)

Penulis: Advertorial
Editor: Advertorial

DarkLight