Kronik Reformasi

15 Mei 1998: Toko-Toko Dibakar, Ratusan Orang Tewas

Oleh: Ivan Aulia Ahsan - 15 Mei 2018
Ratusan orang tewas terpanggang di hari puncak kerusuhan Jakarta. Sementara itu, para tokoh oposisi mulai merapatkan barisan.
tirto.id - Inilah puncak kerusuhan besar yang melanda berbagai kota dalam tiga hari terakhir. Di Jakarta, ratusan orang tewas terbakar di dalam pusat perbelanjaan. Sementara itu, para oposan Soeharto yang sebelumnya terpencar-pencar mulai menggabungkan kekuatan.

Berikut peristiwa penting yang terjadi pada 15 Mei 1998.

15 Mei

Amien Rais, Gus Dur, Mega Umumkan Forum Kerja Indonesia

Forum Kerja Indonesia (FKI) beranggotakan 40 orang dari berbagai kalangan diumumkan pembentukannya oleh Amien Rais, Gus Dur, dan Megawati Soekarnoputri. FKI dimaksudkan untuk mengurangi penderitaan rakyat yang semakin parah sekaligus dukungan kepada para mahasiswa.


Pusat Perbelanjaan Dijarah dan Dibakar, Ratusan Orang Tewas Terpanggang


Sedikitnya 273 orang tewas terpanggang api di dua pusat perbelanjaan yang dijarah dan dibakar massa, yakni Sentra Plaza Klender Jakarta Timur dan Ciledug Plaza Tangerang, selama kerusuhan yang terjadi dua hari. Angka korban diperkirakan terus bertambah karena evakuasi belum selesai. Sementara di Slipi Plaza Jakarta Barat, 17 mayat dengan kondisi sudah menjadi arang ditemukan tergeletak.

(Pikiran Rakyat, 16 Mei 1998)



Baca juga artikel terkait TRAGEDI MEI 98 atau tulisan menarik lainnya Ivan Aulia Ahsan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Tony Firman & Fadrik Aziz Firdausi
Penulis: Ivan Aulia Ahsan
Editor: Zen RS