14 Tips Meningkatkan Energi Saat Bangun Tidur: Jangan Sampai Stres

Oleh: Endah Murniaseh - 13 April 2020
Dibaca Normal 2 menit
Tips meningkatkan energi saat bangun tidur: cukup waktu, olahraga di pagi hari, sampai jangan stres.
tirto.id - Saat bangun tidur, seseorang biasanya akan mengharapkan tubuh yang segar dan berenergi, karena setelah bangun tidur akan banyak kegiatan yang harus dilakukan.

Dengan kondisi yang kurang berenergi, tentu akan menghambat aktivitas yang dilakukan selama seharian.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar dapat bangun tidur dengan energi yang cukup, serta bersemangat untuk memulai hari. Berikut adalah cara agar dapat bangun tidur dengan energi yang cukup, yang dilansir dari Tuck.

1. Tidur cukup

Seseorang akan bangun sesuai dengan kebiasaan bangun tidur sebelumnya, oleh karena itu pastikan untuk mengatur pola tidur yang baik agar tubuh cukup untuk beristirahat. Waktu tidur yang cukup dalam satu malam adalah minimal 7 jam.

2. Tidur di kamar yang gelap, tenang dan sejuk

Tempat tidur yang nyaman akan membuat waktu tidur menjadi nyaman serta membuat badan menjadi segar dan bersemangat di esok hari.

Matikan lampu, menutup gorden, dan mematikan alat elektronik adalah salah satu cara agar kamar menjadi nyaman saat tidur, karena ruangan akan gelap dan tidak ada lagi sumber suara yang mengganggu.

3. Berikan celah agar sinar matahari dapat masuk ke kamar

Sinar matahari pagi sangat baik untuk tubuh, selain terdapat vitamin D alami, sinar matahari juga dapat memperkuat ritme sirkadian yang dapat memberikan dorongan untuk lebih berenergi.

4. Berolahraga di pagi hari

Olahraga tidak hanya dapat membuat tidur menjadi lebih pulas, karena rasa lelah yang muncul setelah olahraga. Namun olahraga di pagi hari juga membuat tubuh menjadi lebih siap untuk melanjutkan aktivitas lainnya.

5. Melakukan aktivitas yang menenangkan

Mandi dengan air hangat, latihan pernapasan, ataupun membaca merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk menenangkan pikiran dan menghindari stres.

Kegiatan tersebut juga akan membuat rileks dan membuat tidur lebih cepat. Meditasi serta yoga nidra juga dapat dilakukan jika memiliki waktu yang cukup sebelum tidur.

6. Jangan Stres

Stres dapat mengganggu pola tidur dan aktivitas lainnya. Agar tidak stres, dapat melakukan kegiatan seperti olahraga, terapi, hingga relaksasi.


7. Menggunakan aromaterapi

Aromaterapi dapat membuat seseorang merasa ngantuk, dengan berbagai varian aroma seperti lavender, ylang ylang, cendana, peppermint, rosemary dan lemon juga dapat membangunkan dari tidur di pagi hari.

8. Hindari penggunaan barang elektronik

Barang elektronik dapat memancarkan cahaya biru yang membuat otak terbangun, oleh karena itu hindari penggunaan barang-barang elektronik 30 menit sebelum tidur .

9. Hindari alkohol, kafein dan makanan berat jika telah malam

Meskipun dapat menenangkan, nyatanya alkohol dapat juga dapat mengganggu jam tidur. Oleh karena itu hindari mengkonsumsi alkohol sebelum tidur.

Sementara kafein dapat mengaktifkan sistem saraf yang membuat tubuh menjadi tidak merasa mengantuk dan makanan berat dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi menjelang tidur.

Jika merasakan lapar saat tengah malam cobalah untuk mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah.

10. Pergi ke kamar mandi sebelum tidur

Terbangun ditengah malam dapat membuat grogi pada pagi harinya, oleh karena itu cobalah ke kamar mandi sebelum tidur, agar tidak terbangun di tengah malam hanya untuk ke kamar mandi.

11. Jangan menunda waktu untuk bangun tidur

Dengan bangun sesuai jadwal maka akan membuat seseorang menjadi bersemangat, dan akan lebih mudah bergerak dibanding saat bangun tidur tetapi selalu mencoba untuk menundanya.

12. Minum air putih

Setelah bangun tidur tubuh akan merasa kekurangan cairan, oleh karena itu mengonsumsi air dapat menggantikan cairan tubuh yang berkurang, serta akan membuat tubuh menjadi lebih segar.

13. Minum kopi

Minum kopi dapat membuat seseorang menjadi bersemangat. Menurut review jurnal dari Neuroscience & Behavioral mengungkapkan, mengonsumsi setengah hingga tiga cangkir minuman yang mengandung kafein akan membantu menghilangkan kelelahan mental ataupun fisik.

14. Buat rencana kegiatan yang menyenangkan

Merencanakan kegiatan yang menyenangkan dapat membuat seseorang lebih bersemangat di pagi hari karena hal itu telah ditunggu-tunggu. Selain itu, seseorang juga akan bangun lebih cepat untuk dapat melakukan kegiatan yang ia sukai.


Baca juga artikel terkait KUALITAS TIDUR atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight