1.260 Petugas Kebersihan DKI Disiagakan saat Malam Tahun Baru

Reporter: Riyan Setiawan - 29 Des 2021 16:30 WIB
Jumlah petugas kebersihan yang disiagakan tak sebanyak perayaan malam tahun baru sebelum pandemi COVID-19.
tirto.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyiagakan sebanyak 1.260 personel kebersihan pada malam pergantian tahun 2022 nanti.

“Ketika diperlukan, Pasukan Oranye yang bersiaga bisa cepat dikerahkan ke lapangan,” kata Kepala Dinas Lingkungan DKI Jakarta, Asep Kuswanto melalui keterangan tertulisnya, Rabu (29/12/2021).

Asep menuturkan 1.260 petugas itu terdiri dari supir truk sampah, kru, dan regu comot. Di setiap kecamatan, Dinas DLH mengerahkan minimal 30 petugas yang bersiaga.

"Selain personel dari Sudin Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan, kami juga menyiagakan petugas dari UPK Badan Air untuk membantu dan bekerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing,” ucapnya.

Asep mengatakan pihaknya tidak menurunkan personel sebanyak saat pergantian tahun sebelum pandemi yang mencapai 7.000 petugas. Hal ini mengingat pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi membatasi pesta perayaan di area publik, taman umum, dan tempat wisata umum yang berpotensi menciptakan kerumunan.

"Namun untuk tahun ini, kami hanya menurunkan 1.260 petugas saja mengingat keramaian malam tahun baru dibatasi agar tidak menimbulkan kerumunan,” ucapnya.



Baca juga artikel terkait TAHUN BARU 2021 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto

DarkLight