Menuju konten utama

12.12 Harbolnas Artinya Hari Belanja Nasional, Kenapa 12 Desember?

Harbolnas artinya Hari Belanja Online Nasional 12.12, perayaan belanja tahunan yang dilakukan setiap 12 Desember.

12.12 Harbolnas Artinya Hari Belanja Nasional, Kenapa 12 Desember?
Ilustrasi Promo. foto/istockphoto

tirto.id - Harbolnas artinya Hari Belanja Online Nasional 12.12, perayaan belanja tahunan yang dilakukan setiap 12 Desember. Harbolnas memakai tanda pagar #BelanjaUntukNegeri dan menyajikan berbagai promo serta diskon dari sejumlah e-commerce.

Harbolnas adalah kegiatan tahunan yang diprakarasai bersama oleh enam e-commerce besar di Indonesia sejak 12 Desember 2012. Enam e-commerce itu adaah Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak.

Pesta belanja dengan diskon terbesar ini didukung sejumlah mitra seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media.

Harbolnas tahun 2020 yang kini dikawal Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) diklaim berkembang signifikan dibuktikan dengan jumlah peserta yang mencapai lebih dari 250 platform belanja online.

Promo dan diskon Harbolnas 12.12 tak hanya datang dari e-commerce, tetapi juga restoran, mal, dan berbagai macam tempat yang menjual kebutuhan Anda.

Terkait hari belanja ini, terdapat juga beberapa hari-hari khusus yang umum diselenggarakan dengan menggelar diskon dan promo, baik toko offline maupun toko online. Berikut di antaranya:

Black Friday

Istilah ini sangat populer di AS. Konsumen akan membeli banyak barang kena diskon yang diperuntukkan untuk hari itu mulai dari bahan makanan hingga peralatan elektronik.

Black Friday juga merupakan permulaan musim liburan akhir tahun sehingga menjadi momen pas untuk berbelanja.

Di negara asalnya, AS, Black Friday, tidak hanya toko online, namun toko offline juga ikut berpartisipasi dalam momen ini.

Single's Day

Populer di Cina, event Single's Day akan memberikan diskon besar-besaran bagi pelanggan yang masih lajang.

Time melaporkan, Alibaba meraup penjualan diskon di Single's Day sebesar 25,3 miliar dolar AS pada 2017. Tidak hanya Alibaba, toko online lainnya di Cina, yaitu JD.com juga meraup sebesar 19,1 miliar dolar AS pada event tersebut.

Cyber Day atau Cyber Monday

Senin pertama setelah minggu Thanksgiving disebut dengan Cyber Monday oleh para pemburu diskon toko online.

Momen ini diperkenalkan pada 2005, sebagaimana dilansir Huffpost, yang diciptakan untuk memperpanjang masa diskon di toko online, tujuannya agar masyarakat dibiasakan dengan sistem belanja online.

Karena kesuksesannya tersebut, Cyber Monday terus diulang setiap tahunnya.

Baca juga artikel terkait HARBOLNAS 1212 atau tulisan lainnya dari Dipna Videlia Putsanra

tirto.id - Ekonomi
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya
Penyelaras: Yulaika Ramadhani