12.000 Petugas Keamanan Dikerahkan Saat Persija Lawan Arema di GBK

Oleh: Alfian Putra Abdi - 3 Agustus 2019
12.000 personel berasal dari gabungan TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP.
tirto.id - Polda Metro Jaya bersiap mengerahkan pasukan untuk mengamankan pertandingan Shoppe Liga 1 antara Persija Jakarta melawan Arema Malang yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (3/8/2019) pukul 15.30 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan terdapat 12.000 petugas keamanan yang bertugas mengamankan jalannya pertandingan nanti sore.

"Itu semua gabungan dari TNI, dari Polri, dari Dishub dari Satpol PP, semua ada di sana," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (3/8/2019).

Ia melanjutkan, dengan jumlah petugas sebanyak itu maka akan diterapkan pola pengamanan empat ring. Ring pertama di dalam stadion, ring ke dua di lingkaran stadion, ring ketiga di area GBK dan ring empat di sekitar area GBK.

Demi keamanan dan hal-hal yang tak diinginkan, pihak kepolisian melakukan pengawalan kepada dua kubu, baik sebelum, saat, dan usai pertandingan.

"Dalam pelatihan pun kita kawal, jelang pertandingan pun kita kawal sampai kembali. Begitu juga dengan Persija, kita sudah komunikai dengan pengurus, nantinya penonton akan kita kawal juga," ujarnya.

Saat ini posisi Persija dan Arema berjarak cukup di papan klasmen. Macan Kemayoran terbenam di zona degradasi, tepatnya peringkat 17 dengan enam poin, hasil sekali menang, tiga kali imbang dan tiga kekalahan.

Sementara Singo Edan bertengger di urutan keempat dengan raihan 18 poin, hasil enam kemenangan dan empat kekalahan. Meski secara peringat terpaut jauh pertemuan antara dua klub dengan basis suporter besar ini diyakini akan berlangsung sengit.

Pada pertandingan terakhir Persija takluk 5-3 dari Tira-Persikabo, sementara Arema FC baru saja membantai Persib Bandung 5-1.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight