12 Manfaat Nasi Merah: Bisa untuk Diet, Cegah Diabetes, dan Kanker

Oleh: Maria Nanda Ayu Saputri - 7 Juli 2020
Dibaca Normal 2 menit
Manfaat nasi merah: untuk diet, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah penyakit diabetes, hingga kanker.
tirto.id - Beras merupakan makanan pokok yang paling umum dikonsumsi oleh lebih dari setengah populasi dunia karena keserbagunaan dan ketersediaannya.

Beras dibagi dalam beberapa jenis sesuai dengan bentuk, ukuran, dan warna. Salah satu beras terkenal selain beras putih adalah beras merah.

Seperti dikutip Healthline, beras merah merupakan gandum utuh yang tidak dimurnikan dan tidak diasah. Hal ini karena beras merah mempunyai nilai gizi tinggi dan memiliki kalori rendah pada angka 216 sehingga memberikan lebih banyak manfaat kesehatan dibanding beras putih.

Sebuah penelitian menyebutkan, serat dalam beras merah membantu menurunkan kolesterol, memindahkan limbah melalui saluran pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah.


Manfaat Nasi Merah


Dilansir dari laman Boldsky, berikut ini 12 manfaat mengonsumi nasi merah bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Beras merah mengandung serat dan senyawa yang disebut lignan sehingga membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian besar terhadap lebih dari 560.000 orang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi serat makanan paling banyak, memiliki risiko 24-59 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, kanker, dan penyakit pernapasan

2. Membantu menurunkan beran badan

Mengkonsumsi serat alami yang berasal dari beras merah dapat menjaga perut agar terasa kenyang dalam kurun waktu lama.

Sebuah studi terhadap lebih dari 74.000 wanita menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak biji-bijian memiliki berat badan yang lebih rendah secara konsisten daripada mereka yang makan biji-bijian lebih sedikit.

3. Mencegah penyakit kronis

Beras merah merupakan sumber antioksidan yang baik sehingga mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis seperti jantung koroner, penyakit kardiovaskuler, kanker, penyakit menular, penyakit pernapasan, dan diabetes.

4. Pengontrol diabetes

Beras merah merupakan makanan indeks glikemik rendah artinya beras dicerna lebih lambat dan kurang berdampak pada gula darah. Hal ini dapat mencegah risiko diabetes tipe 2.

5. Memperkuat kekebalan tubuh

Beras merah kaya akan vitamin esensial, mineral, senyawa fenolik yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan mampu melawan infeksi

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam beras merah membantu dalam mengatur pergerakan usus. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menunjukkan efek beras merah dan nasi putih selama pencernaan.

Studi ini menunjukkan bahwa lapisan dedak pada beras merah meningkatkan pencernaan dan membantu pergerakan usus yang baik.


7. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium, mineral yang dibutuhkan tulang dan gigi juga terdapat pada beras merah. Kalsium sendiri dapat mencegah risiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

8. Bagus untuk ibu menyusui

Beras merah juga dapat meningkatkan kekebalan pada ibu menyusui. Menurut penelitian, ibu menyusui yang mengkonsumsi beras merah memiliki tingkat depresi, kemarahan, hingga kelelahan yang rendah.

9. Mendukung sistem saraf

Kandungan zat besi di dalam beras merah yang diperuntukkan bagi fungsi saraf, bisa untuk mencegah penyakit otak.

10. Mencegah penyakit neurodegeneratif

Keberadaan gamma-aminobutyric acid (GABA) dalam beras merah memiliki efek neuroprotektif terhadap penyakit neurodegenerative seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

11. Mencegah kanker

Ekstrak beras merah dengan konsentrasi tinggi asam gamma-aminobutyric (GABA) dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker leukemia dan memicu kematian sel kanker.

12. Bebas gluten

Gluten merupakan protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, gandum dan gandum hitam.

Beras merah menjadi makanan yang sehat dan sempurna untuk orang yang sensitive terhadap gluten. Karena orang yang mengidap penyakit celiac tidak dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Heathline mewartakan, hanya dengan satu cangkir beras merah dapat memenuhi hampir semua kebutuhan tubuh.

Satu cangkir nasi merah mengandung 216 kalori, 44 gram karbohidrat, 3,5 gram serat, 1,8 gram lemak, 5 gram protein, vitamin B 12% dari RDI, vitamin B3 15% dari RDI, vitamin B6 14% dari RDI, vitamin B5 6% dari RDI, besi 5% dari RDI, magnesium 21% dari RDI, fosfor 16% dari RDI, seng 8% dari RDI, tembaga 10% dari RDI, mangan 88% dari RDI, dan selenium 27% dari RDI.

Aturan mengkonsumsi beras merah bagi orang dewasa yang sehat yaitu makan setengah cangkir hingga 1 cangkir beras merah per hari.


Baca juga artikel terkait BERAS MERAH atau tulisan menarik lainnya Maria Nanda Ayu Saputri
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Maria Nanda Ayu Saputri
Penulis: Maria Nanda Ayu Saputri
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight