11 Jenis Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Perawatan Kulit

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 3 Februari 2020
Dibaca Normal 3 menit
Lidah buaya meruapakan bahan alami yang banyak digunakan untuk perawatan kulit bagian wajah. Pengaplikasian lidah buaya untuk merawat wajah bisa dilakukan dengan cara menjadikannya sebagai masker.
tirto.id - Merawat kulit merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk dapat memperoleh kulit bersih, sehat, dan cerah.

Banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kondisi kulit yang diidamkan tersebut. Menggunakan jenis kosmetik yang dibeli di pasaran kadang kala menjadi pilihan untuk memiliki kulit glowing hanya dalam waktu singkat.

Namun, sebagian dari Anda mungkin sadar bahwa banyak produk perawatan kulit yang dibeli di toko mengandung bahan kimia seperti stabilisator, pengawet, agen aromatik dan pewarna buatan, yang justru berpotensi membahayakan tubuh Anda dan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Menghindari hal-hal tersebut, Anda sejatinya bisa menggunakan bahan alami yang tersedia untuk perawatan kulit Anda. Menurut Grahams Natural Alternatives, beberapa bahan alami di bawah ini dapat digunakan untuk perawatan kulit secara alami:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Penggunaannya dapat dilakukan dengan cara dioleskan atau bahkan dikonsumsi secara langsung.

Salah satu keuntungan yang didapatkan dari penggunaan minyak kelapa bagi perawatan kulit yaitu dapat membersihkan sel-sel kulit mati, memperkuat jaringan kulit, dan melindungi kulit dari sengatan matahari.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa difungsikan sebagai antibiotik yang sangat baik, untuk menghilangkan bakteri, jamur, atau bahkan virus yang mungkin telah tumbuh di epidermis kulit Anda. Minyak kelapa juga efektif melawan penyakit kulit seperti dermatitis.

2. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh mungkin asing di telinga kita, tapi minyak pohon teh dapat Anda gunakan untuk mengobati muka yang berjerawat, peradangan dan kemerahan pada kulit. Dalam pengobatan jerawat, pohon teh adalah bahan yang dapat ditoleransi dengan baik tanpa efek samping.

Minyak pohon teh bekerja dengan baik sebagai bahan anti-mikroba, anti-inflamasi dan anti-jamur alami. Penggunaan minyak pohon teh dapat dilakukan dengan cara mengoleskan langsung pada kulit yang bermasalah.

3. Minyak biji anggur

Bahan alami ini merupakan minyak yang didapat dari perasan biji anggur. Minyak biji anggur banyak mengandung antioksidan dan kaya akan asam linoleat. Asam linoleat inilah yang juga dapat bekerja mengurangi jerawat dan mempertahankan kelembapan kulit.

Minyak biji anggur, tidak seperti minyak kelapa, minyak biji anggur bersifat non-komedogenik, sehingga tidak menyumbat pori-pori dan dapat digunakan bahkan pada jenis kulit sensitif.

Hal baik yang bisa didapatkan dari minyak biji anggur adalah, ia tidak meninggalkan residu pada kulit. Hal itu membuat ketika diaplikasikan, ia mudah mengering sehingga ini merupakan dasar make-up yang bagus.

Minyak biji anggur mengandung antioksidan kuat dan PTO (proanthocyanidin) yang mengendalikan radikal bebas yang bekerja untuk mencegah kerusakan yang mungkin disebabkan oleh matahari dan kilat bintik-bintik penuaan. PTOs juga meningkatkan produksi kolagen untuk mengurangi garis-garis halus serta stretch mark.

4. Air mawar

Air mawar adalah bahan alami yang dapat digunakan bagi kesehatan dan kecantikan tubuh secara keseluruhan. Untuk kulit, air mawar efektif dalam perawatan jerawat serta kulit yang teriritasi.

Ini dapat mendinginkan dan menenangkan kulit yang teriritasi. Sebab berfungsi sebagai pembersih untuk kulit berminyak dan sebagai pelembab untuk kulit kering.

Air mawar juga berfungsi sebagai bahan anti-penuaan karena dapat mengencangkan, melembutkan, meremajakan, dan merevitalisasi kulit dewasa untuk mengembalikan cahaya alami.

Berbagai manfaat tersebut diperoleh karena air mawar mengandung banyak vitamin dan antioksidan untuk menyehatkan kulit. Selain itu, air mawar juga mengandung banyak sifat anti-bakteri, anti-inflamasi dan antiseptik alami. Bahan alami ini bekerja dengan baik untuk semua jenis kulit.

5. Minyak argan

Banyak yang menganggap minyak argan sebagai bahan perawatan kulit super. Hal tersebut dikarenakan minyak argan kaya akan vitamin E alami, asam lemak esensial dan antioksidan.

Kandungan ini sangat efektif dalam mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus serta bekas luka dan stretch mark. Selain itu, kandungan tersebut juga bekerja dengan baik dalam memerangi tanda-tanda awal kerusakan dan penuaan akibat sinar matahari serta meningkatkan elastisitas kulit.

6. Cendana India Timur

Minyak esensial ini secara efektif dapat digunakan untuk memadamkan proliferasi bakteri pada kulit, dan meredakan peradangan pada kulit Anda.

Pengaplikasian minyak cendana paling baik dilakukan dengan cara mencampurkannya dengan minyak almond dengan perbandingan sekitar dua atau tiga tetes Cendana India Timur dalam 180 mililiter minyak almond, lalu dioleskan pada kulit yang bermasalah atau pada seluruh wajah Anda.

7. Cuka sari apel

Produk perawatan kulit alami lain yang umum dikenal adalah cuka sari apel. Zat ini mengandung asam asetat kuat, yang mampu bekerja untuk membersihkan kulit, membunuh jamur, bakteri, dan patogen lain di kulit dan merupakan penghambat jerawat.

8. Garam laut

Garam laut mengandung mineral jenis kalsium, kalium, magnesium, dan tentu saja, natrium. Mineral-mineral ini adalah komponen penting dari sel-sel kulit kita, yang selalu mencari suku cadang untuk terus mengembang.

Penggunaan garam laut dilakukan dengan cara dioleskan secara topikal, dan mereka akan bekerja dengan baik bila dicampur ke dalam lulur wajah dengan madu mentah dan alpukat, yang juga merupakan antioksidan fantastis.

9. Biji kopi

Biji kopi menjadi salah satu bahan alami yang banyak mengandung antioksidan. Antioksidan yang dimiliki biji kopi bahkan lebih besar daripada teh hijau. Biji kopi dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan pada orang-orang yang mengalami keriput dan pigmentasi.

10. Bearberry

Buah-buahan kecil ini dianggap oleh para ahli dermatologi sebagai salah satu bahan alami untuk pencerah kulit paling manjur. Kandungan yang ada pada ekstrak bearberry adalah adanya tingkat arbutin yang melimpah, yang merupakan pencegah yang kuat untuk memudarkan bintik hitam pada kulit Anda.

Namun, ekstrak bearberry tidak sekuat hidrokuinon yang lebih umum, tetapi karena sifatnya yang alami, tidak tercemar, itu dianggap jauh lebih aman. Tidak seperti hydroquinone, ekstrak bearberry aman digunakan selama kehamilan atau saat menyusui.

11. Lidah buaya

Lidah buaya meruapakan bahan alami yang banyak digunakan untuk perawatan kulit bagian wajah. Pengaplikasian lidah buaya untuk merawat wajah bisa dilakukan dengan cara menjadikannya sebagai masker.

Menggunakan bahan tradisional untuk merawat kulit sangatlah menguntungkan karena bahan-bahan tersebut ramah lingkungan, dan juga aman digunakan dan terhindar dari efek samping karena tidak mengandung bahan kimia di dalamnya.





Baca juga artikel terkait LIDAH BUAYA atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight