Menuju konten utama

1.047 Ekor Ternak di Nagan Raya Aceh Sembuh dari PMK

Total sebanyak 1.558 ternak kerbau dan sapi di Nagan Raya, Aceh, terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

1.047 Ekor Ternak di Nagan Raya Aceh Sembuh dari PMK
Tiga ekor sapi yang mengalami penurunan berat badan akibat terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di karantina oleh peternak di Desa Jeulekat, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (25/5/2022). ANTARA FOTO/Rahmad/tom.

tirto.id - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mencatat sebanyak 1.047 ternak kerbau dan sapi di daerahnya sudah sembuh dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Alhamdulillah, dari total 1.558 ternak kerbau dan sapi yang selama ini tercatat diserang PMK, sebanyak 1.047 ternak sudah sembuh,” kata Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, Safridhal dikutip dari Antara, Jumat (15/7/2022).

Safridhal merinci ternak yang sudah sembuh tersebut terdiri atas 430 ekor kerbau dan 617 ekor sapi. Sedangkan ternak kerbau dan sapi yang masih dalam perawatan akibat terjangkit PMK sebanyak 430 ekor.

Safridhal memastikan petugas kesehatan hewan gencar melakukan penyuntikan dan pemberian asupan vitamin kepada ternak yang terserang PMK. Petugas juga turut memberikan obat herbal kepada ternak yang sakit.

Selain itu, petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan di setiap kandang ternak kerbau dan sapi. Dia bilang upaya-upaya tersebut menjadi salah satu faktor banyaknya ternak yang sembuh dari PMK.

“Sedangkan untuk ternak sapi yang mati akibat terinfeksi PMK di Nagan Raya telah bertambah menjadi tiga ekor, dari sebelumnya pada Juni lalu sebanyak dua ekor, kata Safridhal.

Baca juga artikel terkait WABAH PMK

tirto.id - Kesehatan
Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan