10 Tips Efektif untuk Mengontrol Amarah

Oleh: Rima Suliastini - 3 Agustus 2016
Dibaca Normal 1 menit
Amarah dapat terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Dalam situasi genting, banyak orang yang tidak dapat mengontrol amarahnya.
tirto.id - Mengontrol amarah bukanlah hal yang mudah. Menjadi orang dengan watak yang keras dan temperamen bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Mengontrol amarah bukan tidak mungkin dilakukan. Berikut 10 tips yang dapat anda pertimbangkan untuk mengontrol amarah, seperti yang dikutip dari Mayoclinic.org.

1. Berpikir sebelum Anda berbicara
Dalam keadaan emosi dan temperamen, orang akan cenderung berpikir pendek dan mengatakan sesuatu yang akan berbuntut penyesalan. Yang harus Anda lakukan adalah mengambil jeda sesaat untuk mengumpulkan pikiran Anda sebelum mengatakan apa-apa. Lakukan hal yang sama dengan dengan orang yang terlibat dalam situasi itu.

2. Ekspresikan kemarahan dalam keadaan tenang
Begitu Anda merasa sudah bisa berpikir dengan jelas, segera ungkapkan frustrasi Anda dengan cara yang tegas, jelas dan langsung, tanpa menyakiti orang lain atau mencoba untuk mengendalikan mereka.

3. Lakukan pengalihan dengan cara olah fisik
Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres yang dapat menyebabkan Anda menjadi marah. Jika Anda merasa kemarahan Anda meningkat, cobalah untuk jalan cepat atau lari, atau menghabiskan waktu melakukan kegiatan fisik yang menyenangkan lainnya.

4. Beristirahat
Beri diri Anda waktu luang untuk istirahat singkat. Meluangkan waktu untuk setenang mungkin membantu Anda merasa lebih siap untuk menangani apa yang di depan tanpa harus merasa jengkel atau marah.

5. Mengidentifikasi solusi
Lakukan identifikasi pada akar permasalahan, bukan pada amarah Anda. Ingatkan diri Anda bahwa kemarahan hanya memperburuk keadaan, dan tidak akan memperbaiki apapun.

6. Selalu gunakan persepsi 'saya' bukan 'kamu'
Membuka kritik dengan kata 'kamu' hanya akan meningkatkan ketegangan. Gunakanlah selalu kata 'saya' menggambarkan masalah. Hal ini mempermudah obrolan menjadi lebih spesifik dengan tetap menghormati lawan bicara.

7. Jangan menyimpan dendam
Memaafkan adalah alat yang paling ampuh. Jika Anda dapat memaafkan seseorang yang marah pada Anda, maka situasi akan membaik. Akan sangat tidak realistis jika anda mengharapkan semua orang untuk berperilaku seperti apa yang Anda inginkan setiap saat.

8. Gunakan humor untuk melepaskan ketegangan
Humor atau lelucon dapat membantu Anda untuk meringankan beban anda atas ketegangan yang terjadi.

9. Lakukan relaksasi
Anda dapat melakukan beberapa kegiatan yang menenangkan, seperti mendengarkan musik, menulis dalam sebuah jurnal atau melakukan beberapa pose yoga untuk mendorong relaksasi.

10. Tahu kapan untuk mencari bantuan
Belajar untuk mengendalikan kemarahan adalah tantangan bagi semua orang. Pertimbangkanlah untuk mencari bantuan jika permasalahan amarah Anda sudah tidak terkendali.

Selamat mencoba...

Baca juga artikel terkait ANGER MANAGEMENT atau tulisan menarik lainnya Rima Suliastini
(tirto.id - Gaya Hidup)

Reporter: Rima Suliastini
Penulis: Rima Suliastini
Editor: Rima Suliastini
DarkLight