10 Skin Care untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 20 Juni 2019
Dibaca Normal 2 menit
Ada beberapa skincare yang dapat dicoba untuk membantu mengurangi minyak pada wajah.
tirto.id - Minyak yang diproduksi tubuh bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Namun, produksi minyak yang berlebihan rawan menimbulkan jerawat, pori-pori besar, kulit kusam atau mengkilap, dan komedo.

Beberapa ahli percaya penyebab jerawat itu sendiri, selain sebum, adalah stres yang berlebihan. Sebum merupakan zat berminyak yang berasal dari lemak, demikian sebagaimana diwartakan Healthline.

Tidak semua sebum mengandung lemak jahat karena ada juga sebum yang melindungi, melembabkan kulit, dan menjaga rambut agar tetap sehat dan berkilau.

Kulit berminyak dan jerawat sulit untuk ditangani. Namun, beberapa skincare di bawah ini bisa dicoba untuk membantu mengurangi kulit berminyak dan jerawat tanpa harus menggunakan resep obat atau perawatan kulit yang mahal.

1. Cuci muka

Banyak orang yang mengabaikan mencuci muka setiap hari sebelum tidur. Jika kulit Anda berminyak maka cukup mencuci 2-3 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut dan air.

Web MD menulis, untuk kulit wajah yang jerawat coba gunakan produk yang mengandung asam seperti benzoil atau asam beta hidroksida kemudian jangan coba-coba untuk memencet jerawat karena jika jerawat dipencet akan dapat menyebarkan peradangan, memperburuk jerawat atau menyebabkan jaringan parut.

Untuk kulit normal tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak tidak ada sensivitas yang parah lakukan dengan rutin cuci muka sebelum tidur.

2. Kertas minyak wajah

Kertas minyak ini tidak akan membantu mengurangi kelenjar minyak yang berlebihan pada wajah, tetapi kertas minyak ini setidaknya membantu mengurangi kulit mengkilap. Gunakan kertas minyak sesuai kebutuhan saja dan cukup terjangkau untuk dibeli.

3. Madu

Madu adalah salah satu solusi alami terbaik untuk digunakan karena madu mengandung antibakteri dan antiseptik yang dapat menguntungkan kulit berminyak dan rawan jerawat. Selain itu madu juga mengandung zat humektan yang berkhasiat melembabkan kulit dan tidak berminyak.

Penggunaan madu untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak cukup dengan oleskan dengan tipis madu pada wajah kemudian diamkan selama 10 menit hingga mengering dan bilas sampai bersih dengan air hangat.

4. Masker lumpur

Digunakan untuk membantu menyerap minyak kulit dan mengobati berbagai kondisi kulit. Masker lumpur hijau Perancis merupakan perawatan yang populer untuk kulit berminyak dan jerawat karena kandungannya mampu menyerap.

Masker lumpur hijau Perancis ini berbentu bubuk, cara penggunaannya cukup tambahkan air mawar satu sendok teh aduk hingga kental lalu oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering, bersihkan dnegan air hangat.

5. Gandum

Gandum membantu menenangkan kulit yang meradang, mampu menyerap minyak yang berlebihan, dan membantu pengelupasan kulit mati. Gandum biasanya ditumbuk dulu sebelum digunakan bias dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah seperti pisang, apel atau pepaya. Cara penggunaannya:
  1. campurkan ½ cangkir gandum dengan air panas agar gandumnya membentuk pasta.
  2. tambahkan 1 sendok makan madu kemudian diaduk.
  3. oleskan gandum di wajah sambil pijat perlahan.
  4. diamkan selama 10-15 menit hingga kering dan terakhir bilas dengan air hangat.
6. Putih telur dan lemon

Dua bahan tersebut merupakan obat tradisional untuk kulit berminyak. Putih telur dan lemon dianggap dapat mengencangkan pori-pori asam yang dikandung lemon dan buah jeruk lainnya berkhasiat membantu menyerap minyak.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah penelitian tahun 2008. Lemon memiliki kemampuan antibakteri. Akan tetapi, telur tidak direkomendasikan bagi yang alergi.

cara membuat masker wajah putih telur dan lemon:

campurkan 1 putih telur dengan 1 sendok the lemon yang masih segar. Oleskan pada wajah dan biarkan sampai masker mongering. Angkat pelan-pelan dan basuh dengan air hangat.

7. Kacang almond

Almond memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kulit seperti berfungsi untuk mengelupas kulit mati, mengurangi minyak berlebih, dan kotoran pada wajah.

Cara menggunakan masker almond pada wajah:

Giling kacang almond yang masih mentah hingga halus lalu tambahkan 2 sendok madu, aduk hingga rata oleskan pada wajah diamkan 10-15 menit dan terakhir bilas dengana air hangat. Cara ini tidak direkomendasikan bagi yang alergi kacang.

8. Lidah buaya

Lidah buaya banyak dikenal untuk mengobati luka kabar dan vitamin untuk merawat rambut. Menurut Mayo clinic, pernah dilakukan penelitian ilmiah dan terbukti membantu merawat kulit bersisik yang disebabkan minyak berlebihan.

Maka dari itu banyak orang-orang memilih lidah buaya untuk merawat kulit berminyak. Gunakan lidah buaya dengan cara mengolesnya dengan tipis pada wajah sebelum tidur dan biarkan sampai pagi.

Lidah buaya diketahui menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Sebelum dioleskan pada wajah, coba terlebih dulu pada lengan. Jika tidak ada reaksi yang mucul selama 24 jam sampai 48 jam maka baik dan aman untuk digunakan pada wajah.

9. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat yang sering digunakan oleh orang-orang karena mudah mendapatkannya. Obat jerawat rumahan ini mengandung asam yang dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan membuka pori-pori.

Cukup sediakan 1 sendok teh gula dan haluskan tomat kemudian diaduk lalu oleskan pada wajah dengan rata. Diamkan selama lima menit dan bilas dengan air hangat.

10. Minyak jojoba

Meskipun ide menerapkan minyak ke kulit berminyak tampaknya kontraproduktif, tetapi minyak jojoba merupakan obat tradisional untuk solusi kulit berminyak, jerawat dan masalah kulit lainnya.

Minyak jojoba meniru sebum pada kulit untuk mengubah pandangan tentang wajah yang berminyak agar menghasilakan lebih sedikit sebum dan membantu menjaga kadar minyak seimbang, tetapi belum ada penelitian ilmiah untuk mendukung teori ini.

Namun pada 2012 ada sebuh studi yang menemukan, mengoleskan masker yang terbuat dari tanah liat dan minyak jojoba 2-3 kali dalam seminggu dapat menyembuhkan jerawat.

Jika Anda ingin memakai minyak jojoba, pakai sedikit saja dan gunakan dengan memijat perlahan di kulit. Jika tidak ada reaksi berlebihan, maka bisa digunakan terus menerus di kulit.


Baca juga artikel terkait KESEHATAN KULIT atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight