10 Penelusuran Terpopuler Google 2020: dari Corona hingga Odading

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 10 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Penelusuran paling populer di Google 2020: corona hingga odading mang oleh.
tirto.id - Google merilis trend penelusuran terpopuler selama 2020. Ada 10 topik paling populer yang paling banyak dicari di Indonesia selama tahun 2020, yaitu: virus corona, PSBB, Kartu Pra Kerja, Sepeda Lipat, Odading, Glenn Fredly, Hand Sanitizer, Lagu Lathi, Omnibus Law, dan Google Classroom.

Berikut ini 5 di antaranya:

1. Virus corona

Virus corona menjadi topik nomor 1 penelusuran yang paling banyak dicari di Google selama tahun 2020. Beberapa kata kunci yang meningkat pesat yaitu apa virus corona, ciri virus corona, dan covid-19.

Hingga saat ini, pandemi virus corona Covid-19 masih terjadi di dunia, meskipun vaksin telah ditemukan. Vaksin baru tersedia 1,2 juta dosis di Indonesia, untuk tahun ini.

2. PSBB

PSBB adalah kepanjangan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dicanangkan Pemerintah Indonesia untuk mencegah penularan virus corona Covid-19 di Indonesia.

Penerapan PSBB di setiap daerah tergantung pada kebijakan masing-masing kepala daerah. Provinsi DKI Jakarta, misalnya, menerapkan PSBB setiap 2 minggu sekali. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memperpanjang PSBB Transisi jika kondisi Covid-19 belum terkendali.

3. Kartu Pra Kerja

Program ini dibuat oleh Presiden Joko Widodo untuk memberi bantuan berupa insentif dan pelatihan pada angkatan kerja yang belum memiliki pekerjaan atau putus hubungan kerja. Saat ini Kartu Pra Kerja juga diprioritaskan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Masyarakat yang terdaftar pada Kartu Prakerja akan mendapat pelatihan dan insentif senilai Rp600 ribu untuk 4 bulan.

4. Sepeda Lipat

Bersepeda menjadi salah satu tren di tengah pandemi Covid-19. Harga sepeda kemudian melonjak dan muncul tren sepeda lipat. Beberapa kata kunci sepeda lipat yang dicari masyarakat tahun ini adalah sepeda lipat terbaru 2020, sepeda lipat kreuz, dan sepeda minion.

5. Odading

Odading menjadi viral setelah seorang pengguna media sosial bernama Ade Londok mengunggah video sedang memakan Odading Mang Oleh.

Ade Londok kemudian menjadi buah bibir di dunia maya usai mengunggah video tersebut. Di video itu, ia mempromosikan Odading Mang Oleh dengan menggebu-gebu dan disisipi kalimat bahasa Sunda.

"Odading Mang Oleh. Mmmm rasanya seperti Anda menjadi Iron Man. Belilah Odading Mang Oleh _di dieu_..."

Kata kunci odading yang banyak dicari adalah odading mang oleh, odading adalah, dan resep odading.



Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight