10 Manfaat Susu Kayu Manis: Bisa Obati Kanker Hingga Cegah HIV-AIDS

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 25 Februari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Manfaat susu kayu manis: dapat mengobati hiv-aids, obat kanker, kolesterol, hingga kurangi diabetes.
tirto.id - Kayu manis adalah salah satu jenis bumbu dapur yang diperoleh dari kulit kayu pohon cemara tropis milik Genus Cinnamomum. Bumbu dapur ini biasanya digunakan untuk membuat makanan terasa lebih harum dan aroma lebih keluar.

Menurut situs Medical News Today, Kayu manis kaya akan kalsium, mangan, zat besi dan bisa mengobati berbagai penyakit.

Kandungan senyawa dalam kayu manis memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antidiabetik, dan antimikroba, serta bisa memberikan perlindungan dari kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Cara mengonsumsinya bisa dengan merubahnya menjadi bentuk bubuk, minyak, bahkan kapsul. Selain beberapa bentuk tersebut, kayu manis juga dapat diolah menjadi susu. Susu kayu manis atau Dalchini memiliki sejumlah manfaat dan gizi yang tinggi.

Berikut ini beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dari mengonsumsi susu kayu manis seperti dilansir dari laman Healthline:

1. Menurunkan berat badan

Kayu manis telah terbukti dapat mengurangi beberapa efek buruk dari makan makanan yang tinggi lemak. Lemak yang diurai oleh kayu manis dapat menjadi pilihan bagi yang ingin melakukan diet.

Efek yang diberikan kayu manis terhadap tubuh akan menekan kadar glukosa darah sehingga dapat menurunkan berat badan.

Sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang ada pada kayu manis akan membantu tubuh dalam proses diet dengan pengolahan terhadap zat yang ada dalam makanan.

Satu sendok teh kayu manis mengandung 1,6 gram serat, kandungan yang dimiliki kayu manis sama dengan kebutuhan serat harian yang dikonsumsi.

2. Menjaga kesehatan tubuh

Kayu manis yang memiliki banyak antioksidan sangat berguna bagi metabolisme tubuh. Salah satu jenis antioksidan paling kuat yang dimiliki kayu manis yaitu antioksidan polifenol.

Antioksidan inilah yang akan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Mengurangi peradangan kronis

Kayu manis juga dipercaya dapat mengurangi peradangan kronis yang terkait dengan penyakit neurodegeneratif seperti multiple sclerosis, penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Kayu manis dapat memperbaiki kerusakan jaringan karena memiliki sifat anti-inflamasi.

4. Melindungi terhadap pertumbuhan sel kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit serius yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang tumbuh secara abnormal.

Kayu manis memiliki kemampuan aktivator ampuh dari enzim detoksifikasi yang dapat melindungi seseorang dari pertumbuhan kanker. Selain itu, kayu manis juga dapat mengaktifkan respons antioksidan sebagai pelindung dalam sel usus manusia.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kayu manis dipercaya dapat mengurangi risiko terhadap penyakit jantung. Pada orang dengan diabetes tipe 2, 1 gram atau sekitar setengah sendok teh kayu manis per hari telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada penanda darah.

Konsumsi kayu manis dalam takaran ini terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol LDL "jahat" dan trigliserida, sementara kolesterol HDL "baik" akan tetap stabil.

6. Meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin

Insulin merupakan salah satu hormon utama dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mengatur metabolisme dan penggunaan energi.

Selain itu, insulin juga memiliki peran untuk mengangkut gula darah dari aliran darah menuju sel-sel di seluruh tubuh.

Ada beberapa orang yang kebal terhadap efek insulin dalam tubuhnya hingga menyebabkan resistensi insulin yang dapat menjadikannya sebagai sindrom metabolik dan dapat mengakibatkan diabetes tipe 2.

Kayu manis dapat digunakan untuk resistensi insulin, dengan meningkatkan sensitivitas insulin, kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah.

7. Mengatasi diabetes

Mengonsumsi segelas susu kayu manis tidak akan membuat produksi insulin kembali naik. Hal itulah yang menyebabkan penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi susu, tetapi harus memilih jenis susu yang memiliki kadar gula rendah, salah satu pilihan tepat adalah susu kayu manis.

8. Menurunkan kolesterol

Banyak suplemen alami diketahui menurunkan kadar kolesterol yang tidak diinginkan dalam tubuh, dan kayu manis adalah salah satunya.

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis yang dikombinasikan dengan madu memiliki khasiat menurunkan kolesterol yang sangat baik.

Tidak hanya membantu menurunkan LDL, tingkat kolesterol jahat, kombinasi bahan tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kadar LDL yang rendah membuat seseorang terhindar dari sakit jantung, dan mencegah semua penyakit yang mematikan.

9. Melawan virus dan bakteri

Manfaat lain susu kayu manis yaitu melawan virus dan bakteri mematikan lainnya yang mampu menyebabkan penyakit berbahaya seperti ISK dan E-coli.

10. Memerangi virus HIV

HIV merupakan salah satu jenis virus yang akan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia secara perlahan, apabila tidak dilakukan pengobatan akan menyebabkan penyakit AIDS.

Kayu manis yang diekstrak dari varietas cassia dapat membantu memerangi HIV-1, jenis virus HIV yang paling umum terjadi pada manusia.

Sebuah penelitian laboratorium yang mengamati sel yang terinfeksi HIV menemukan bahwa kayu manis adalah pengobatan paling efektif dari 69 tanaman obat yang diteliti.


Baca juga artikel terkait KAYU MANIS atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - )

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight