10 Jenis Makanan Pembersih Pembuluh Darah, Bisa Cegah Sakit Jantung

Oleh: Dhita Koesno - 5 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Cara membersihkan pembuluh darah secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Berikut ini penjelasannya.
tirto.id - Cara membersihkan pembuluh darah salah satunya bisa dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu, yaitu yang kaya serat, asam lemak omega-3, dan antioksidan.

Penyakit jantung termasuk salah satu penyebab utama kematian, dan penyakit jantung yang paling umum terjadi adalah arteri atau jantung koroner.

Situs Medical News Today mewartakan, penyakit jantung koroner terjadi ketika ada penumpukan plak yang mempersempit dinding arteri dan membatasi aliran darah ke jantung sehingga akan menyebabkan serangan jantung.

Namun, penyakit jantung koroner juga dapat diobati atau dicegah melalui gaya hidup yang sehat. Salah satunya adalah jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

10 Jenis Makanan Pembersih Pembuluh Darah


Makanan yang kaya serat, asam lemak omega-3, dan antioksidan memiliki peran penting dalam kesehatan jantung.

Laman Health Line menyebutkan 10 jenis makanan yang bisa membersihkan pembuluh darah, berikut ulasannya:

1. Alpukat

Alpukat kaya akan kalium dan kalium telah terbukti membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan kalsifikasi pembuluh darah di arteri.

2. Ikan

Seperti alpukat, ikan juga memiliki lemak sehat atau dikenal sebagai lemak tak jenuh. Sering mengonsumsi ikan dikaitkan dengan rendahnya risiko serangan jantung. Asam lemak omega-3 pada ikan terbukti mengurangi kadar trigliserida dan mencegah risiko kematian jantung.

3. Kacang

Kacang adalah pembangkit tenaga listrik untuk kesehatan jantung. Kaya akan lemak tak jenuh, vitamin, dan serat, kacang-kacangan adalah pilihan yang baik untuk camilan.

Cobalah jenis almond, kacang mete, atau kacang Brazil karena memiliki zat magnesium tinggi. Magnesium akan menghambat penumpukan dan kolesterol di arteri serta membantu mencegah arteri tersumbat.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung asam oleat tak jenuh tunggal sehingga diyakini dapat melindungi jantung secara signifikan, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi kuat yang dapat membantu mengurangi kerusakan pada dinding arteri. Mengonsumsi kunyit telah terbukti memiliki efek langsung pada arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

Sebuah studi menunjukkan, bumbu yang kaya antioksidan ini dapat mengurangi timbunan lemak di arteri hingga lebih dari 25 persen.


6. Delima

Minumlah jus buah delima untuk kesehatan jantung yang optimal. Delima terbukti membersihkan arteri yang tersumbat dan meningkatkan aliran darah.

Hal ini disebabkan tingginya tingkat antioksidan dari delima yang bisa melawan radikal bebas dan merangsang produksi oksida nitrat dalam darah.

7. Jeruk

Buah jeruk juga mengandung antioksidan dan kaya vitamin C. Vitamin C memiliki peran yang kuat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Flavonoid yang terkandung pada buah jeruk dapat membantu melindungi dinding arteri.

8. Biji-bijian utuh

Serat makanan yang ditemukan dalam biji-bijian membantu meningkatkan kadar kolesterol darah dan melindungi diri dari berbagai penyakit.

Diet dengan banyak biji-bijian utuh terkait dengan dinding arteri karotis yang lebih tipis. Arteri ini bertanggung jawab untuk mengantarkan darah ke otak seseorang. Penebalan arteri karotid bisa menyebabkan penumpukan aterosklerosis dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

9. Brokoli

Seperti biji-bijian, brokoli memiliki serat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung secara keseluruhan. Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis, telah terbukti secara khusus membantu mencegah arteri yang tersumbat dan melindungi tubuh dari penyakit pembuluh darah.

10. Kopi

Berita baik bagi pecinta kopi adalah kopi dapat membantu menjaga arteri seseorang tetap bersih. Minum tiga gelas kopi murni dalam sehari bisa menurunkan risiko seseorang terkena aterosklerosis, atau penyumbatan pembuluh darah.

Selain kopi, teh hijau juga telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung.


Baca juga artikel terkait MAKANAN SEHAT atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight