10 Fitur Canggih Android 10, Live Caption hingga Navigasi Gestur

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 4 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Android 10 setidaknya mengusung 10 fitur canggih yang sudah dapat dinikmati oleh pemilik tiga generasi pertama smartphone Google Pixel.
tirto.id - Google resmi merilis Android 10 yang setidaknya mengusung 10 fitur canggih, Rabu (4/9/2019). Sistem operasi (OS) yang semula bernama Android Q ini 'mendarat' perdana di tiga generasi pertama smartphone Google Pixel, yaitu Pixel 3 (termasuk Pixel 3a), Pixel 2, dan Pixel.

Melansir Techcrunch, sama seperti perilisan software sebelumnya, smartphone yang kebagian 'jatah' update OS ini akan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan untuk melakukan pembaruan software.

Ada beberapa penyesuaian Android 10, tapi fitur-fitur yang dianggap menarik biasanya dinonaktifkan secara otomatis, sehingga pengguna harus rajin-rajin mengecek pengaturan jika ingin menikmatinya.

Berikut 10 fitur canggih yang ditawarkan oleh OS Android 10:

1. Tema Gelap

Dark theme atau tema gelap dihadirkan agar mata tidak silau saat menatap layar ponsel yang terlalu terang, terutama di malam hari. Mode ini juga menjanjikan baterai ponsel tahan lebih lama.

Beberapa aplikasi di smartphone bakal mengikuti ketersediaan fitur ini, meskipun di awal-awal pemakaian hanya terbatas pada beberapa aplikasi, seperti galeri dan kalender.


2. Smart Reply

Dengan Smart Reply pengguna tinggal mengklik pada notifikasi pesan masuk dan meresponsnya tanpa harus repot-repot membuka aplikasi.

3. Navigasi Gestur Baru

Selanjutnya, Android 10 memperbaharui navigasi gestur sehingga perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya menjadi lebih mudah dan interaktif.

Adapun perpindahan dari satu aplikasi hanya seperti membuka lembar berikutnya saat membaca buku, tanpa perlu menggunakan tombol bantuan untuk pindah aplikasi.

4. Live Caption

Fitur Live Caption akan bekerja pada video, podcast, dan pesan audio dari berbagai macam aplikasi perpesanan. Jika fitur ini diaktifkan, maka caption akan muncul secara otomatis menyesuaikan bahasa di pengaturan ponsel.

5. Kontrol Lokasi

Android 10 memungkinkan pengguna mengatur visibilitas lokasi secara berbeda di tiap-tiap aplikasi, misalnya, aplikasi Maps menampakkan lokasi sedangkan media sosial menyembunyikan lokasi pengguna.

Selain itu, update ini memudahkan untuk mematikan dan menghidupkan share location.


6. Fitur Privasi

Pengaturan sistem privasi bakal terletak di satu tempat sehingga pengguna bakal lebih efisien untuk mengatur privasi di tiap-tiap aplikasi. Google juga menyebut bahwa akan ada lebih dari 50 fitur privasi di Android 10 yang disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna.

7. Update Lebih Cepat (Project Mainline)

Android 10 menjamin update sistem keamanan akan lebih cepat dan efisien. Sistem akan secara otomatis memberikan tambahan kemanan pada aplikasi lewat Google Play tanpa menunggu produsen atau developer aplikasi tersebut

8. Notifikasi Intuitif

Pengguna hanya akan mendapatkan pemberitahuan dari aplikasi yang diinginkan saja dan dapat diatur sesuai kebutuhan.

9. Focus Mode

Terdapat pengaturan untuk menghentikan aplikasi yang sekiranya dapat mengganggu ketika menjalankan tugas lainnya yang memerlukan konsentrasi tinggi

10. Family Link Update

Android 10 memfasilitsi pengguna dengan akses mudah terhadap aplikasi yang aman bagi keluarga.

Selain itu, sistem Android 10 juga mendukung jaringan 5G untuk ponsel android yang telah mengupdate sistem ini.


Dengan 10 fitur baru tersebut, pengguna diharapkan akan lebih terbantu dalam menggunakan ponsel pintar mereka untuk berbagai keperluan. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua fitur tersebut akan langsung tersedia.

The Verge melansir, Focus Mode misalnya, hanya tersedia dalam versi beta (versi uji coba Android 10 di beberapa perangkat Android).

Sedangkan, fitur Live Caption tidak akan tersedia hingga akhir tahun ini, sehingga untuk sementara waktu hanya eksklusif milik ponsel keluaran Google, Pixel.

Lalu untuk Project Mainline, tidak dapat diterapkan pada Android 9 (Android Pie) yang di-upgrade ke Android 10.

Melalui laman resmi Google Android, perangkat lainnya yang bekerja sama dengan Android bakal menerima update paling lambat akhir tahun nanti.


Baca juga artikel terkait ANDROID 10 atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Anggit Setiani Dayana
Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Ibnu Azis
DarkLight