10 Dampak Kurang Tidur Terhadap Tubuh, Apa Saja?

Oleh: Ahmad Efendi - 24 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada tubuh, apa saja dampaknya?
tirto.id - Tidur adalah cara kita untuk mengistirahatkan tubuh setelah satu hari telah melakukan aktivitas. Idealnya, untuk mendapat waktu tidur cukup, seseorang paling tidak membutuhkan delapan jam dalam satu harinya.

Dikutip The Boston Globe, Kepala Divisi Obat Tidur di Harvard Medical School Charles Czeisler mengatakan bahwa, “tidur merupakan salah satu dari tiga pilar utama yang baik, di samping berolahraga dan makan dengan baik.”

Lebih jauh, kualitas tidur juga menentukan produktivitas kerja seseorang. Artinya, semakin baik kualitas tidurnya, maka semakin produktif pula seseorang.

Namun, ada kalanya, beberapa orang mengalami gangguan yang berdampak pada kurang tidur. Gangguan mental seperti stres, kecemasan, dan kepanikan menjadi salah satu penyebab.

Selain itu, pola makan yang tak teratur seperti terlalu banyak mengonsumsi kafein sebelum tidur. Atau, adanya gangguan pernafasan seperti sedang mengalami batuk dan flu, juga dapat menjadi pemicu lain.

Lantas, apa yang terjadi dengan tubuh kita saat kurang tidur. Dirangkum dari Healthline, berikut ini 10 dampak kurang tidur pada tubuh.

1. Ingatan bermasalah

Saat tidur, otak Anda membentuk koneksi yang membantu mengingat dan memproses informasi baru. Jika Anda kurang tidur, maka dapat berdampak negatif pada ingatan jangka pendek dan panjang.

2. Hilangnya konsentrasi

Mengistirahatkan tubuh, sama halnya dengan memberi waktu pada otak untuk menyambungkan koneksi yang membentuk kreativitas, penyelesaian masalah, dan konsentrasi. Saat Anda kurang tidur, otak pun tak dapat melakukannya.

3. Mood tidak stabil

Kurang tidur, dapat membuat suasana hati Anda tak stabil, mudah murung dan emosi. Lebih jauh, kurang tidur yang kronis, dapat berakibat pada stres, kecemasan, dan depresi.

4. Imun melemah

Saat tidur, imun akan bekerja untuk membentuk pertahanan yang membuat Anda tak mudah diserang virus dan kuman. Namun, saat Anda kurang tidur, imun tak bisa melakukannya, dan Anda cenderung akan mudah sakit.

5. Risiko penyakit diabetes

Saat kurang tidur, tubuh Anda akan melepaskan banyak insulin, yaitu hormon penurun gula darah. Seseorang yang kurang tidur mempunyai kadar gula darah yang tinggi, dan berisiko terkena diabetes tipe 2.

6. Risiko penyakit hati dan jantung

Kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah dan inflamasi zat kimia tingkat tinggi. Yang mana, dua hal ini berperan penting dalam terciptanya penyakit jantung.

7. Tekanan darah tinggi

Jika Anda tidur kurang dari lima jam dalam sehari, maka akan berisiko tinggi naiknya tekanan darah dalam tubuh.

8. Gairah seks menurun

Seseorang yang tidak punya waktu tidur cukup, cenderung menurun gairah seksualnya. Khususnya untuk pria, ini disebabkan karena ada penurunan level testosteron.

9. Berat badan naik

Saat Anda kurang tidur, senyawa yang mengirim sinyal ke otak bahwa Anda telah makan cukup akan berhenti. Artinya, Anda akan cenderung makan terus menerus, kendati telah melewati batas cukup.

10. Hilangnya keseimbangan

Kurangnya tidur dapat menurunkan keseimbangan tubuh Anda, yang mana membuat rentan untuk mengalami kecelakaan.


Baca juga artikel terkait KURANG TIDUR atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight